1

Penjualan Huawei di China Mendekati Apple

14 Mar 2016 11:47 1442 Hits 0 Comments
Penurunan penjualan Apple dimanfaatkan Huawei.

Saat ini, smartphone yang menggunakan OS Android sedang menjadi raja pasaran di pasar China. Buktinya, pada tahun 2014 lalu smartphone dengan sistem operasi iOS buatan Apple hanya meraih 25 persen penjualan sedangkan sisanya yang merupakan penjualan smartphone Android mencapai 75 persen.

Walaupun hanya 25 persen saja, penjualan Apple ini memang cukup menjadi Ancaman bagi para vendor smartphone bersistem operasi Android, karena Apple berhasil meraih angka penjualan tersebut sendirian, sedangkan smartphone Android adalah hasil akumulasi dari 4 brand ternama asal China seperti Huawei, Meizu, Xiaomi, dan Oppo.

Sayangnya, pencapaian mengagumkan dari Apple tersebut hanya bertahan sebentar saja, karena dari angka penjualan 25 persen tersebut, penjualan Apple bukannya bertahan, malah turun terus.

Penurunan tersebut lantas dijadikan sebuah kesempatan bagi the dark horse dari vendor smartphone Android bernama Huawei.

Pada tahun 2014 lalu, penjualan Huawei di pasar China hanya mencapai 5 persen nya saja dari total penjualan Smartphone. Namun, di awal tahun 2016 ini, penjualan Huawei tersebut melonjak drastis dari yang asalnya 5 persen ke angka 24.3 persen.

Hal tersebut tentunya adalah sebuah hal yang mengagumkan mengingat Huawei adalah sebuah brand yang tidak begitu mempunyai nama di Amerika Serikat dan baru-baru ini saja berhasil masuk ke pasaran Eropa.

Invasi Huawei ke Eropa inilah yang ternyata menjadi salah satu faktor tingginya penjualan produk Huawei hingga sesukses sekarang. Produk-produknya sangat laris di Italia, Spanyol dan Jerman. Tidak hanya itu, produk-produk huawei pun juga cukup laris di negara Perancis dan Inggris.

Walaupun sukses di Eropa, ternyata kesuksesan Huawei tersebut tidak dapat dibandingkan dengan kesuksesan penjualannya di pasaran China.

Mungkin karena semakin surutnya penjualan Apple di China, momen tersebut kemudian digunakan oleh Huawei untuk meningkatkan penjualannya dan hingga saat ini Huawei menjadi salah satu pemain besar di industri smartphone.

Bagaimana pendapat Anda tentang lonjakan penjualan Huawei ini? Apakah menurut Anda vendor smartphone yang satu ini layak menjadi pemain besar di industri smartphone?

 

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel