1

Live Streaming Game Langsung dari Android dengan Str.eam

10 Mar 2016 16:54 1425 Hits 0 Comments
Memiliki potensi mengalahkan Youtube Gaming dan Twitch.

Sudah seperti tradisi turun-temurun sejak awal populernya live streaming, ketika Anda ingin melakukan live streaming game Android, Anda harus terlebih dahulu menghubungkan perangkat smartphone Android Anda ke komputer terlebih dahulu.

Namun, semuanya berubah setelah sebuah aplikasi yang bernama str.eam (bukan stream tapi str.eam) dirilis.

Str.eam adalah sebuah aplikasi live streaming mirip dengan Periscope yang dapat digunakan untuk smartphone bersistem operasi iOS dan Android tanpa adanya bantuan dari perangkat lainnya. Jadi artinya, live streaming dapat langsung dilakukan menggunakan perangkat smartphone saja.

Hingga saat ini, aplikasi yang dikatakan sudah mengubah dunia live streaming ini dipenuhi dengan para live streamers yang berinteraksi dengan para penontonnya dengan topik umumnya yaitu membicarakan kehidupan sehari-hari.

Seandainya, live streaming untuk gaming ini benar-benar booming, kita mungkin akan melihat versi lain dari Twitch yang selama ini dikenal sebagai situs live streaming khusus untuk gaming.

Tujuan dari Str.eam sendiri sebagai aplikasi live streaming adalah untuk tetap menjadi “platform-agnostic,” yaitu sebuah aplikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan streaming dari berbagai sistem operasi yang tersedia selama ini.

Jika dilihat lebih dalam, str.eam ini merupakan layanan yang masih berskala kecil di platform Android. Hal ini dapat dilihat dari jumlah unduhannya yang hanya mencapai 3,500 unduhan saja; namun pada platform lain total unduhannya mencapai 100 ribu lebih.

Lalu apa yang menjadikan Str.eam ini berpikir bahwa mereka mampu menjadi aplikasi yang kompetitif di Android?

Salah satunya adalah latency.

Saingan Str.eam saat ini yang bernama Kamcord, memiliki delay 40 detik di semua streaming mobile. Hal tersebut sangatlah mengganggu berhubung yang kita bicarakan ini adalah aplikasi live streaming dimana terjadi interaksi antara penonton dan penayang secara langsung.

Masa apa yang kita katakan pada penonton dan respon penonton harus tertunda selama 40 detik?

Namun, percaya tidak percaya, Str.eam mengklaim bahwa mereka memiliki delay hanya 2 detik saja.

Tapi yang namanya layanan live streaming itu bergantung pada jumlah penggunanya dan bukan kecepatan dari layanan yang ditawarkan, sehingga Str.eam belum bisa dikatakan sebagai penyedia layanan live streaming yang sukses.

Walaupun begitu, dengan namanya yang cukup unik ini Str.eam akhirnya dapat mewujudkan banyak mimpi dari para live streamer, yaitu para live streamer game untuk Android.

Ingin mencoba live streaming game favorit Android Anda? Mungkin Anda bisa coba aplikasinya yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel