1

Smartphone ini Harganya 25 Juta? Apa Kelebihannya ya?

23 Feb 2016 11:34 2674 Hits 4 Comments
Smartphone ini buatan Panasonic.

Panasonic, yaitu sebuah perusahaan yang terkenal dengan produk-produk elektroniknya selama beberapa dekade ke belakang telah merilis sebuah perangkat smartphone yang memiliki desain gemuk namun kokoh pada Mobile World Congress 2016 (MWC 2016).

Diberi nama seri FZ, perangkat yang disebut sebagai ToughPad ini tersedia dalam dua pilihan tipe yaitu FZ – F1 dan FZ – N1 yang tentunya memiliki harga berbeda.

Untuk seri FZ – F1, harganya berada di angka yang cukup tinggi yakni, 1926 USD atau sekitar 25.8 jutaan. Sedangkan untuk seri FZ – N1 memiliki harga yang sedikit lebih murah dibanding tipe FZ – F1 yaitu 25.3 jutaan.

Lalu apa yang membuat keduanya memiliki harga seharga motor sport 150cc ini?

Kedua smartphone ini sangat mahal dikarenakan keduanya memiliki teknologi barcode scanner yang di atur pada sudut pandang 70 derajat. Kemudian, perbedaan dari kedua tipe smartphone ini sendiri dapat dilihat dari sistem operasi yang digunakannya yaitu Windows 10 dan Android 5.1.1.

Kode batang atau yang lebih enak disebut barcode sudah muncul ke dunia ini sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Dan sekarang ini, banyak orang memiliki smartphone yang sudah dilengkapi berbagai macam aplikasi dimana salah satunya adalah Barcode Scanner.

Tapi jangan salah, scanner yang ada pada ToughPad panasonic ini berbeda dengan aplikasi yang ada di toko aplikasi.

Pada ToughPad Panasonic ini, barcode scanner-nya dapat digunakan untuk kebutuhan enterprise.

Pada sebuah smartphone, umumnya posisi scanner ditempatkan di tempat yang salah. Bagi perangkat yang memiliki kamera di bagian pojok kiri atau kanan atas, Anda akan kesulitan melihat layar ketika melakukan scanning barcode.

Selain itu, aplikasi-aplikasi scanning untuk barcode sendiri cukup lambat dan tidak begitu bisa diandalkan.

Tidak seperti ToughPad seri lamanya, smartphone buatan panasonic terbaru ini sudah mampu mendukung styllus aktif dan pasif hingga tekanan mencapai level 1024.

Smartphone yang penggunaan utamanya ditujukan untuk kegiatan di dalam gudang ataupun outdoor juga memiliki kelebihan lainnya yaitu perlindungan IP-67 dengan ketahanan air hinggal 3.3 kaki dalam waktu 30 menit.

Dari segi jeroannya, Tough Pad panasonic ini sendiri memiliki spesifikasi yang sama untuk kedua tipenya.

Berikut spesifikasinya:

• CPU Qualcomm Snapdragon 801

• RAM 2GB

• Memori Internal 2GB

• Kamera Belakang 8MP dan Kamera Depan 5MP

• Baterai 3,200 mAh atau 6,400 mAh (bisa dipilih sesuai keinginan)

Berbicara soal baterai, hal lain yang menjadi keunggulan dari ToughPad buatan Panasonic ini adalah kemampuannya untuk melakukan hot swap dari baterai yang digunakan. Artinya, Anda akan dapat mengganti baterai tanpa harus mematikan smartphone terlebih dahulu.

Tapi sebenarnya baterai dari Panasonic ini, khususnya yang 6,400 mAh, memiliki ketahanan daya baterai yang cukup tinggi. Contohnya saja yang menggunakan baterai 6,400 mAh dapat bertahan hingga 16 jam dalam kondisi penggunaan heavy usage.

Desain dari body yang gemuk dan terlihat kokoh pada ToughPad Panasonic ini juga bukanlah sebuah desain yang dibuat untuk tampi gaya saja. Desain pada ToughPad ini memang dirancang secara khusus untuk melindungi ToughPad dari kecelakaan yang mungkin terjadi seperti terbanting.

Bagaimana? Apa Anda berminat untuk membeli smartphone ini?

Kalau saya pribadi sih tidak merasa bahwa produk ini worth untuk dibeli pada harga 20 juta ke atas. Kalau 5 hingga 7 jutaan sih mungkin akan saya pertimbangkan lagi.

 

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel