1

Permainan Bahasa yang Interaktif untuk Penelitian

10 Feb 2016 09:00 3048 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebuah permainan bahasa interaktif 

Permainan Bahasa yang Interaktif untuk Penelitian

Pulse Lab Jakarta, sebuah proyek gabungan pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas dan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) meluncurkan sebuah permainan interaktif berbahasa yang sangat menarik. 

Permainan interaktif bahasa ini dinamakan sebagai Translator Gator. Permainan ini tidak hanya melatih kemampuan bahasa  Anda tetapi juga melibatkan Anda untuk berkontribusi dalam misi untuk menerjemahkan kata-kata yang berhubungan dengan agenda pembangunan nasional dan 17 Tujuan Global PBB (MDGs). 

Kehadiran Translator Gator menjadi sebuah solusi di tengah aneka ragam masyarakat yang memiliki aneka bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, Translator Gator tidak hanya tentang kamus permainan bahasa Indonesia maupun Sunda. 

Karena tujuannya untuk pembangunan dan proyek penelitian yang lebih lanjut, Translator Gator dikembangkan dengan mendukung beberapa bahasda yang cukup banyak digunakan di Indonedia, diantaranya Jawa, Sunda, Bugis, Melayu dan Minang.

Berdasarkan rilis yang kami terima, Translator Gator ini  memungkinkan Anda untuk mendapatkaan keuntungan, yakni pulsa gratis. Pulsa gratis ini bisa didapatkan dengan cara menukarkan poin yang Anda dapatkan ketika memainkan Translator Gator ini. 

Permainan Bahasa yang Interaktif untuk Penelitian

Cara memainkannya juga sangat mudah. Anda akses ke situsnya atau langsung kesini.  Kemudian ikuti langkah berikut ini!

1. Terlebih dulu, Anda mendaftar menggunakan e-mail dan membuat usernama dan password. Pada laman ini, Anda juga akan diminta mengisi bahasa lokal yang Anda gunakan. 

2. Setelah itu, Anda akan menerima e-mail aktivasi untuk mengaktifkan e-mail Anda. 

3. Aktivasi untuk kemudian Anda login menggunakan usernama dan password yang sudah ada. 

Setelah melalui tiga tahap tersebut, sila masuk ke permainan, Anda akan diberikan berbagai soal. Soal yang tersedia bukan salah dan benar tetapi tentang bagaimana Anda terlibat untuk memberikan kontribusi tentang penerjamahan bahasa Inggris ke Indonesia maupun ke bahasa lokal. 

Beberapa contoh soal yang diminta misalnya mengharuskan Anda untuk  menerjemahkan kata-kata bahasa Inggris ke bahasa lokal (sesuai yang sudah Anda isi).  Anda akan menrima pilihan jawaban yang dirasa tepat untuk penerjamahan tersebut. 

Permainan Bahasa yang Interaktif untuk Penelitian

Ada juga soal yang meminta apakah setuju dengan terjemahan tersebut atau tidak. Contoh : “Great University” . Jika Anda memilih bahasa Sunda, akan ada jawaban “Kampus Nu Alus”. Kemudian Anda akan diminta apakah setuju dengan terjemahan tersebut atau tidak. 

Tidak hanya itu, Anda juga akan diminta untuk memberikan alternatif dari kata yang sudah diterjemahkan. Anda pun  bisa mengevaluasi terjemahan orang lain. 

Soal lain yang lebih rumit yakni mengharuskan Anda untuk mengategorikan beberapa terjemahan pada topik-topik tertentu.  Soal-soal seperti ini tentu lebih menarik dibandingkan memilih salah dan benar.  Sebuah konsep soal yang lebih banyak melibatkan “pesertanya’ dalam hal ini Anda. 

Anda juga akan diuntungkan karena setelah Anda berkontribusi, Anda bisa punya poin. Poin inilah yang jadi bekal untuk Anda tukarkan menjadi pulsa, seperti yang sudah dibahas sebelumnya. 

Catatan Anda tidak perlu takut memberikan kontribusi dalam menjawab soal. Semua soal akan masuk data Pulse Lab untuk dijadikan penelitian lebih lanjut. Apalagi terkait kata-kata yang memang sulit diterjemahkan atau sulit mencari padanannya. Contohnya, istilah yang hanya berlaku di bahasa tertentu atau bahasa-bahasa gaul yang berkembang di kalangan muda dan media sosial. 

Pulse Lab Jakarta dengan Translator Gator ini tentu merupakan sebuah konsep yang menarik. Apalagi pengembangan permainan ini bertujuan untuk penelitian yang melibatkan lebih banyak orang. Jika Anda merasa terpanggil untuk mendukung proyek pembangunan ini, ayo mainkan game ini. Atau paling tidak Anda punya motivasi untuk mendapatkan pulsa gratis. 

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel