Tanpa Papan Catur, Facebook Messengerpun Jadi

9 Feb 2016 10:12 1837 Hits 0 Comments
Bermain Catur di Facebook

techieburp.com

Siapa yang tidak kenal aplikasi smartphone Facebook Messenger. Facebook Messenger sendiri adalah aplikasi chatting untuk pengguna Facebook supaya, memudahkan kita untuk mengobrol dengan teman kita di Facebook dan juga tidak hanya untuk teman facebook, kita juga dapat mengirim pesan dan menelpon dari buku telepon kita yang ada di Smartphone. Dengan design yang elegant dan juga fiturnya yang lengkap dan mudah untuk digunakan, kini Facebook Messenger sudah diunduh oleh 1 Billion orang atau 1 Milyar orang untuk OS Android. Messenger juga tersedia untuk IOS bisa diunduh di App Store.

Sedikit tentang Facebook, Facebook pertama kali didirikan pada 4 Februari 2004 oleh Mahasiswa asal Universitas Havard yaitu, Mark Zuckerberg dan beberapa temannya Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Awalnya situs Facebook dibuat hanya untuk Mahasiswa Havard saja dan kemudian diperluas ke perguruan lain disekitar Boston.

Facebook berkembang dengan pesat dengan meningkatkan fitur yang ada didalamnya termasuk Facebook Messenger. Biasanya aplikasi messenger hanya dibuat untuk mengirim pesan dan mengobrol namun berbeda dengan Facebook Messenger, ada sesuatu menarik yang harus kita tahu.

Sebagian orang mungkin belum tau atau tidak sadar bahwa ada game tersembunyi yang ada di Facebook Messenger. Dan ternyata gamenya adalah game catur. Untuk pertama kalinya game ini ditemukan oleh pengguna Reddit mungkin fitur ini di buat oleh developer untuk kita para pengguna supaya tidak bosan menggunakan Facebook Messenger. Disamping kita bisa chatting kita juga bisa bermain game dengan lawan chatting kita dan ini akan terasa menyenangkan tidak membuat bosan.

Kita bisa memainkan game ini dengan mudah, berikut caranya : Untuk bermain game ini dengan lawan chatting kita cukup mengetikkan @fbchess play . Selanjutnya, untuk memindahkan Pion kedepan caranya dengan mengetik @PD4 berarti Pion bergerak menuju ke D4 yang ada di papan dan seterusnya sampai Raja, Benteng, Queen sama caranya seperti itu, cuman kita harus menghafal kode-kode nya seperti : P untuk Pion, Q untuk Queen, K untuk Raja, B untuk Menteri, R untuk Benteng, dan N untuk Ksatria/Kuda.

Kita juga dapat memanggil bantuan bila kita bingung ataupun terjebak dengan mengetikkan @fbchess help akan muncul instruksi dan daftar perintah. Ini untuk mengantisipasi kita dari kekalahan dengan mengetikkan Check namun ini tidak membantu kita melindungi Raja secara sepenuhnya. Kalau kita merasa sudah mati langkah ataupun akan kalah, kita dapat menyerah kepada lawan dengan mengetikkan @fbchess resign.

Begitu kreatif apa yang dilakukan oleh Facebook sehingga kita merasa tidak bosan menggunakan aplikasi Messenger. Mungkin ada beberapa game lainnya yang masih tersembunyi dan belum diketahui oleh orang lain.

Tags Facebook

About The Author

Fikri Firman F 40
Ordinary

Fikri Firman F

Seorang yang menyukai gadget serta digital grafis, main game, dan musik. Saat ini masih menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi Prodi Teknik Informatika UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel