Netflix Diblokir di Semua Produk Telkom Mulai Hari ini!

27 Jan 2016 15:10 1880 Hits 0 Comments
Penyedia layanan asal wilayah barat tersebut diblokir karena....

Bagi Anda para pengguna produk Telkom Group baik itu Wifi.id, Indihome ataupun produk Telkomsel seperti Simpati, AS dan kartu Halo yang sudah berlangganan Netflix apalagi dalam waktu dekat ini, sepertinya Anda akan kecewa mendengar berita ini.

Berita yang terbilang mengecewakan bagi para pelanggan poduk dari Telkom Group ini adalah mulai diberlakukannya blokir akses Telkomsel ke aplikasi Netflix per tanggal 27 Januari 2016 mulai dari pukul 00.00 WIB

Pemblokiran ini sendiri terjadi karena menurut Dian Rachmawan yang juga menjabat sebagai Direktur Konsumer Telkomsel, kehadiran Netflix di Indonesia dianggap tidak memenuhi regulasi yang berlaku di tanah air dengan salah satunya memiliki banyak konten berbau pornografi.

Langkah tersebut sesuai dengan pernyataannya yang menyatakan bahwa Telkom Group itu adalah sebuah perusahaan berjenis BUMN, sehingga pihaknya harus menjadi contoh bagi perusahaan penyedia layanan lainnya dalam berbisnis di tanah air Indonesia yang harus sesuai aturan yang berlaku.

Dian juga menambahkan bahwa aksi blokir yang dilakukan pihak Telkom Group tidak akan memiliki dampak yang besar terhadap para pelanggan produk Telkom. Hal ini dikarenakan Netflix di Indonesia masih sebuah perusahaan kecil yang pelanggannya belum begitu banyak.

Netflix yang dikenal sebagai penyedia layanan streaming film, memang sudah lama ada dan populer di banyak negara di dunia, khususnya di benua Amerika.

Dan ketika Netflix masuk ke Indonesia pun, pemerintah Indonesia yang diwakilkan oleh Menkominfo Rudiantara menyambut hangat perusahaan tersebut. Salah satu kehangatan tersebut dapat terlihat dari bagaimana menkominfo memberikan kelonggaran pada Netflix untuk beradaptasi dengan regulasi di Indonesia dengan batasan waktu hingga masa promosinya berakhir yakni pada tanggal 7 Februari 2016 mendatang.

Kemudian, Dian juga mengatakan jika seandainya Netflix di Indonesia seperti di Singapura yang bekerjasama dengan provider lokal bernama SingTel dan Starhub, pemblokiran tersebut sepertinya akan dapat teratasi karena dengan menggunakan platform milik Telkom Group, tayangan-tayangan yang tidak sesuai dengan aturan di Indonesia bisa tersaring.

Pemblokiran Netflix ternyata bukan terjadi di Indonesia saja.

Beberapa waktu lalu, negara Vietnam juga telah memblokir Netflix dengan alasan yang sama dengan Telkom Group, yaitu belum taatnya Netflix terhadap aturan negara dimana seharusnya penyedia layanan streaming tersebut memiliki lisensi serta filterisasi untuk konten-konten yang disediakannya.

Yang mungkin paling dirugikan disini adalah pelanggan, yang walaupun jumlahnya masih sedikit, tapi mereka terpaksa harus rela berhenti menyaksikan Netflix. Atau sebagai alternatifnya, pelanggan tersebut harus beralih ke provider internet lain yang sampai saat ini belum memblokir akses ke Netflix.

 

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel