1

Sempat Hilang, Creator Game Flappy Bird Kini Kembali

25 Jan 2016 16:02 1376 Hits 0 Comments
Hadir dengan game terbarunya bernama N Project.

Hapal dengan game pemancing emosi bernama Flappy Bird?

Flappy Bird, sebuah game yang pernah dirilis pada tahun 2013 oleh seorang pengembang vietnam bernama Nguyen Ha Dong (Dong Nguyen) dan dipublikasikan oleh studio bernama GEARS, yaitu sebuah studio independen yang juga bermarkas di Vietnam.

Gamenya sendiri terbilang sangat sederhana, karena disini player hanya harus mengontrol burung yang sedang terbang agar burung tersebut tidak menabrak pipa-pipa hijau yang ada didepannya.

Game yang kemudian meledak pada awal tahun 2014 ini mengalami banyak kritikan dari publik. Beberapa diantaranya mengatakan bahwa game Flappy Bird bukanlah sebuah game melainkan sebuah aplikasi penyiksa mental dikarenakan tingkat kesulitannya yang super sulit.

Tidak hanya itu, Flappy Bird juga pernah tersandung kasus dugaan plagiat dari baik dari segi grafis dan mekanik game tersebut.

Dan kemudian masalah lain yang dihadapi oleh Flappy Bird sehingga game tersebut harus mundur dari Play Store adalah perasaan bersalah pembuat game tersebut dikarenakan game yang ia buat telah membuat banyak orang menjadi pecandu game Flappy Bird dan ada beberapa diantaranya yang emosi sampai membanting smartphone-nya gara-gara burungnya menabrak pipa terus.

Hilang pada tahun 2014, Dong Nguyen ternyata diam-diam sedang merencanakan proyek game terbarunya bernama N Project.

Menurut Dong Nguyen, proyek dari game ini sendiri bukanlah hasil kerjanya sendiri, melainkan wujud kolaborasi dengan sebuah studio game di Jepang bernama Obakaidem.

Game dengan nama samaran N Project adalah sebuah game yang menurut Dong adalah game yang berkisah tentang para ninja.

Walaupun jenis dari gameplay-nya masih belum diketahui akan seperti apa, game dengan nama sementara N Project ini sepertinya akan menjadi sebuah game yang mirip seperti game terdahulu yang dibuat oleh Dong Nguyen yaitu Flappy Bird dan Swing Copters.

Yang mungkin aneh dari kerjasama pembuatan game ini, Dong yang telah menjadi seorang jutawan berkat kesuksesan Flappy Bird pada tahun 2013 hingga 2014 ini, proyek game terbarunya dengan nama N Project ternyata masih menggunakan backgrounds dan sprites karakter yang telah didaur ulang dari game yang pernah ia buat.

Terlepas dari apa game yang akan dibuat oleh Dong Nguyen nantinya, banyak yang yakin bahwa game yang ia buat akan menjadi sebuah game yang berdesain sederhana namun adiktif.

Pendapat ini didasarkan dari games terdahulu yang dibuat oleh Dong dimana hampir semua game buatannya berhasil mencuri hati para gamer mobile.

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel