Air Bonsai, Bonsai Melayang Buatan Jepang

25 Jan 2016 12:33 2818 Hits 1 Comments
Bonsai melayang bukan sulap, bukan sihir.

“Bonsai” yang juga merupakan sebuah seni asal Jepang dimana sebuah pohon berukuran mini ditanam pada sebuah wadah berupa pot kecil sehingga menghasilkan keindahan tersendiri adalah salah satu karya seni yang memang patut mendapatkan apresiasi.

Tujuan utama dari kemunculan Bonsai sendiri ada dua, yaitu untuk penyejuk mata bagi mereka yang melihatnya serta menjadi pelepas stress ataupun hobi di waktu luang bagi para pembuatnya.

Disebut dengan bonsai, jika suatu tanaman dengan kategori tertentu ditanam dalam sebuah pot yang ukurannya juga kecil.

Artinya, tanaman seperti tanaman yang digunakan untuk makanan, tanaman yang digunakan obat-obatan ataupun tanaman yang biasa kita jumpai di pinggiran jalan bukanlah tanaman yang cocok untuk dibuat menjadi bonsai.

Tanaman bonsai dengan fungsinya sebagai karya seni sekarang ini telah berubah.

Jika dulu tanaman bonsai itu adalah sebuah tanaman yang ditanam ke dalam sebuah pot, kini sebuah karya seni yang telah berkombinasi dengan teknologi tersebut menjadi sebuah tanaman melayang dimana tanaman dan potnya terpisah dengan jarak beberapa centimeter saja.

Nama tanaman tersebut adalah “Air Bonsai.”

Air Bonsai adalah sebuah revolusi di dunia seni bonsai yang pertama kali dicetuskan oleh sebuah perusahaan di Jepang bernama Hoshinchu Air Bonsai Garden.

“Bonsai melayang di udara?”

Sekilas, mungkin mereka yang mendengar hal tersebut merasa bahwa bonsai melayang itu seperti ilmu sihir yang ada di film Harry Potter. Akan tetapi, perusahaan Hoshinchu ini pada kenyataannya dapat benar-benar menciptakan sebuah bonsai yang melayang.

Rahasia dari bonsai yang melayang ini sebenarnya adalah energi magnet yang ada pada pot dibawahnya, dimana didalamnya terdapat sebuah sistem yang memungkinkan untuk bonsai yang tepat berada di atasnya melayang dan juga berputar.

Bonsai melayang dengan nama Air Bonsai ini tidak akan dapat Anda temukan dimana pun. Alasannya, proyek pembuatan bonsai melayang ini sendiri sekarang ini masih dalam tahap produksi.

Untuk mewujudkan Air Bonsai yang asalnya hanyalah dari sebuah konsep hingga sampai akhirnya menjalani produksi tidaklah begitu sulit.

Dengan gol ahir di 80rb USD, perusahaan Hoshinchu hingga saat ini telah berhasil mengumpulkan dana di salah satu situs penggalangan dana bernama Kickstarters dengan total $121,669 USD dengan total 581 backers atau penyumbang hingga saat artikel ini ditulis, dan selalu bertambah setiap menitnya.

Bagi Anda yang mungkin menggemari dunia bonsai dan penasaran seperti apa keindahan dari seni bonsai yang berkolaborasi dengan teknologi ini, Anda dapat langsung mengunjungi halaman Kickstarter-nya pada sumber yang saya tuliskan di bawah ini.

 

 

 

sumber: Kickstarter/AirBonsai

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel