Inilah Kekuatan Sebenarnya Prosesor Helio X20

31 Dec 2015 13:06 3239 Hits 0 Comments
Unggul di pengetesan multi-core tapi...

MediaTek adalah salah satu pembuat chip prosesor untuk smartphone yang mengumumkan prosesor terbarunya untuk tahun 2016.

Dan hingga sekarang, prosesor terbarunya tersebut masih belum memulai debutnya pada smartphone apapun.

Yang kita tahu selama ini bahwa prosesor buatan MediaTek ini akan memiliki 10-core, dimana dari 10-core tersebut, dua diantaranya adalah Cortex A72 yang fungsinya untuk mendukung performa tinggi, empat core Cortex A53 untuk keseimbangan antara performa dan efisiensi, serta empat core sisanya yang berfungsi untuk mendukung tugas-tugas ringan.

Bagi beberapa orang yang selalu mengikuti perkembangan dunia gadget, khususnya prosesor smartphone, pasti banyak yang sudah tahu bahwa skor benchmark dari prosesor terbaru dari MediaTek ini bersaing ketat dengan prosesor buatan vendor lainnya seperti Snapdragon 820 buatan Qualcomm dan Kirin 950 buatan Huawei.

Setelah munculnya skor perbandingan tersebut, keberadaan Helio X20 ini sempat tidak terdengar lagi kabarnya.

Tapi hari ini, sebuah gadget bertenaga Helio X20, si prosesor dengan 10-Core, telah terlihat di sebuah situs benchmarking yaitu GeekBench.

Pada situs tersebut diperlihatkan kekuatan sebenarnya dari prosesor Helio X20 buatan MediaTek dimana prosesor yang dinamakan MT6797 ini memiliki skor di atas 7000 poin ketika melalui pengetesan multi-core.

Skor ini sendiri adalah skor paling tinggi yang pernah dilihat dari semua pengetesan multi-core yang pernah dilakukan. Dan dari sini, sepertinya MediaTek telah berhasil menemukan sebuah metode untuk meningkatkan performa dari prosesor lewat pengaturan deca-core buatannya.

Walaupun unggul di pengetesan multi-core, prosesor Helio X20 / MT 6797 / prosesor MediaTek Deca-Core ini memiliki skor yang biasa-biasa saja ketika melakukan pengetesan single-core, dimana rata-rata skor yang didapat hanya mencapai 2100 saja.

Jika dibandingkan dengan hasil tes dari Snapdragon 820 dan Kirin 950, skor yang didapatkan oleh Helio X20 ini lebih sedikit dibandingkan kedua prosesor tersebut.

Berikut ini adalah perbandingan skor antara prosesor Helio X20, Snapdragon 820, Kirin 950 serta Apple A9 yang dilansir oleh situs benchmarking bernama GeekBench.

1. Perbandingan skor hasil tes multi-core

- Helio X20: 7000 poin

- Kirin 950: 6245 poin

- Snapdragon 820: 5400 poin

- Apple A9: 4578 poin

 

2. Perbandingan skor hasil tes single-core

- Apple A9: 2576

- Snapdragon 820: 2320

- Helio X20: 2103

- Kirin 950: 1871

 

Dari hasil di atas, prosesor Helio X20 buatan MediaTek ini sepertinya akan menjadi sebuah prosesor yang sangat kuat, setidaknya secara tertulis.

Hal ini dikarenakan dari benchmark yang dilakukan oleh GeekBench hanya dapat memperlihatkan beberapa aspek saja dari banyak aspek dalam menilai sebuah prosesor.

Salah satunya contoh aspek yang tidak tertulis dalam GeekBench adalah tentang suhu dari Helio X20 ini, apakah nantinya prosesor ini cepat panas ataukan akan lebih efisien dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel