1

Peningkatan Keamanan Steam Membuat Jengkel

11 Dec 2015 16:15 2024 Hits 0 Comments
Peningkatan ini demi mengurangi pembajakan akun.

Jika Anda yang seorang pengguna Steam penasaran tentang susahnya melakukan transaksi barang di platform tersebut, hal ini dikarenakan bahwa Steam setiap bulannya mengalami pembajakan akun para anggotanya yang jumlahnya sendiri mencapai 77.000 akun perbulannya.

Inilah alasan kenapa Valve selaku yang bertanggung jawab atas Steam harus terlebih dahulu mengikuti langkah-langkah yang cukup menjengkelkan bagi para pengguna Steam sebelum akhirnya transaksi dinyatakan selesai.

Yang pertama menjadi target para peretas di Steam adalah game FPS yang cukup populer yakni Counter-Strike Global Offensive (CS:GO) dimana sekarang ini, game tersebut sudah berkembang menjadi sebuah game yang memiliki nilai bisnis.

Dalam game tersebut, satu in-game item atau barang yang hanya bisa digunakan di dalam game tersebut dapat berharga hingga 400 dollar Amerika, dimana nilai tersebut dapat dipastikan menjadi nilai yang menggiurkan bagi para hacker atau peretas.

Selain itu, CS:GO juga menjadi sasaran empuk para peretas yang menjual program ketiga yang pada umumnya adalah program ilegal.

Sebagai konsekuensi dari meningkatnya nilai bisnis dari CS:GO, setiap bulannya ribuan akun di-hack yang menyebabkan hilangnya berbagai investasi dalam game yang dimiliki akun-akun tersebut.

Target dari peretasan sendiri tidak terikat pada mereka yang memang sudah profesional atau satu kategori saja. Melainkan mereka menyasar semua akun yang bisa mereka hack.

Setelah Valve memperkenalkan Steam Guard Mobile yang fungsinya sendiri meningkatkan keamanan bagi para pengguna Steam dengan mengorbankan kepraktisan dan kenyamanan penggunanya dalam bertransaksi,

Setiap pengguna Steam kini harus mengaktifkan fitur tersebut dimana setiap transaksi yang dilakukan di Steam harus melalui proses konfirmasi terlebih dahulu yaitu dalam waktu tiga hari.

Yang menjadi pengecualian adalah mereka yang memiliki akun Steam dan sudah menjadi teman di Steam dalam waktu yang cukup lama dengan minimal waktu lama pertemanan 1 tahun. Untuk mereka yang seperti itu, waktu penyelesaian transaksi diantara keduanya dapat dilakukan hanya dalam waktu satu hari saja.

Inilah kenapa, sekarang ini para pengguna Steam harus hati-hati dalam menerima pertemanan dari seseorang.

Berdasarkan pernyataan dari pihak Valve, Apa yang mereka lakukan untuk meningkatkan keamanan para penggunanya ini mungkin menjadi sebuah hal yang membuat para pengguna Steam jengkel dan kecewa.

Namun, hal tersebut dirasa sangat perlu karena menurut mereka, apa yang mereka lakukan saat ini adalah demi menghindari semakin banyaknya pembajakan akun dan sekaligus meningkatkan perlindungan pada para penggunanya.

 

 

 

sumber: capitalberg

gambar: Steam

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel