Mbah Google Sekarang Sudah Lebih Pintar

18 Nov 2015 10:40 2363 Hits 0 Comments
Disebut pintar karena sudah mampu menjawab pertanyaan rumit.

Sudah menjadi kebiasaan kita mencari sesuatu di mesin pencari Google. Sebagian besar orang mencari sesuatu di Google umumnya hanya dengan memasukkan keyword atau kata kunci dengan topik yang memang sedang dicari.

Lalu bagaimana dengan sebagian lagi?

Walaupun menggunakan kata kunci dalam mesin pencari Google itu adalah sesuatu yang sudah umum, namun ada juga orang-orang yang melakukan pencarian di mesin pencari google dengan membuat sebuah frase atau kalimat interogatif atau bersifat pertanyaan.

Hal ini bahkan sudah menjadi kebiasaan sebagian pengguna Google sebelum adanya fungsi pencarian Google dengan menggunakan suara yang sekarang sudah umum dipakai di smartphone, tablet dan perangkat sejenis.

Jika sebelumnya Google agak sedikit kebingungan dalam menyediakan jawaban dari sebuah pertanyaan yang panjang, kali ini update terbaru dari mesin pencari Google membuat mesin pencari yang biasa kita sebut dengan “mbah Google” ini semakin pintar.

Menurut juru bicara dari Google, dengan pembaharuan yang baru saja dirilis, mesin pencari terbesar di dunia ini sekarang dapat mengerti tentang pertanyaan yang terdiri dari lima kata atau lebih.

Contohnya saja ketika Anda menuliskan pertanyaan,

“Who was the US president when the Angels won The World Series?”

Ketika Anda mengklik tombol search atau ikon kaca pembesar, maka mesin pencari Google akan langsung menyediakan jawabannya seperti apa yang ada pada gambar di bawah ini.

Untuk mendapatkan jawaban tersebut, mesin pencari Google harus terlebih dahulu melewati beberapa tahap sebelum akhirnya memunculkan jawaban tersebut.

Langkah pertamanya, mesin pencari Google akan mencari terlebih dahulu setiap presiden yang ada di negara yang kita tuliskan pada mesin pencari tersebut. Setelah itu, informasi yang sudah didapatkan tersebut kemudian dikombinasikan dengan informasi lain yang sudah dicari yaitu tentang peristiwa kemenangan tim baseball Angels.

Dan hasilnya, Google menemukan bahwa presiden Amerika Serikat pada saat tim baseball Angels memenangkan kejuaraan dunia adalah George W. Bush.

Untuk melakukan pencarian seperti ini, Anda dapat menggunakan pencarian Google menggunakan suara, ataupun pencarian Google dengan melalui browser pada komputer atau smartphone Anda.

Tags Berita Google

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel