Unik! Sawah ini Dijadikan Kanvas untuk Lukisan

2 Nov 2015 14:22 3051 Hits 0 Comments
Sawah ini Masuk Guinness Book of World Record

Setiap orang pasti tahu apa yang dinamakan dengan lahan padi atau sawah.

Jika pada umumnya kita tahu bahwa dari sawah itu dihasilkan padi yang kemudian akan diolah menjadi beras, maka hal unik berikut ini adalah hal lain yang dapat dihasilkan dari sebuah sawah.

Sebuah kota di Jepang bernama Gyodashi dengan lokasinya yang berada di prefektur Saitama, telah berhasil memecahkan rekor guinness (Guinness Book’s)  baru dengan menciptakan sebuah karya seni berupa lukisan yang dilukis pada sawah.

Menurut salah satu partisipan yang langsung terlibat dengan pembuatan karya seni ini, proses perencanaan dan pembuatan lukisan pada sawah tersebut membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun lamanya.

Dan akhirnya, pada bulan November 2015 ini, warga setempat telah berhasil menciptakan sebuah lukisan dengan kanvasnya beralaskan sawah. Dalam membuat lukisan bertema “anak-anak” dan “luar angkasa” pada sawah ini, warga yang berpartisipasi menggunakan tujuh jenis benih padi yang menyelimuti dan membentang sepanjang 110 Km².

Untuk melihat lukisan ini, para tamu atau pengunjungnya dikenakan biaya sebesar 400 yen saja atau sekitar 44 ribu rupiah.

Dalam pembuatan lukisan sawah ini, hampir seluruh warga desa yang jumlahnya 813 orang berpartisipasi. Semua warga yang ikut dalam pembuatan ini dibagi menjadi dua tim; dimana satu tim menjadi tim yang mendesain lukisan tersebut, dan satu tim lagi adalah tim penanam yang tugasnya menanam padi sesuai dengan instruksi.

Bagi Anda yang ingin secara langsung menikmati keindahan dari lukisan sawah ini, sebaiknya Anda cepat-cepat segera mendatangi kota Gyodashi. Hal ini dikarenakan karya seni ini hanya akan dipajang hingga 11 November 2015. Setelah lewat tanggal 11 November 2015, sawah ini akan dipanen dan hasil panennya akan dikonsumsi oleh warga.

Mungkin di satu sisi, kita melihat bahwa sangat disayangkan sebuah karya seni yang dalam pembuatannya membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun, bukannya dilestarikan tapi malah dipanen dan dikonsumsi. Tapi menurut para warga yang berpartisipasi sendiri, lukisan di sawah ini dibuat memang tujuan awalnya adalah untuk dipanen dan bukan untuk memecahkan rekor dunia.

 

  

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel