Baca! YouTube Kids Berikan Kabar Gembira Bagi Para Orang Tua

2 Oct 2015 17:46 1734 Hits 0 Comments
YouTube Kids tingkatkan keamanan konten

Bagi para orang tua mungkin kabar ini bisa membuat Anda bergembira, karena YouTube baru saja memperbaiki aplikasi YouTube Kids yang telah diluncurkan awal tahun ini. seperti yang telah diketahui, YouTube Kids yang dapat digunakan pada smartphone dan tablet serta fokus untuk anak-anak telah diluncurkan, namun beberapa keluhan dari lembaga advokasi orang tua dan anak tentang platform YouTube Kids.

Platform dari YouTube Kids dianggap masih kurang aman untuk konten keluarga dan masih banyak ditemukan konten yang tidak pantas untuk disaksikan oleh keluarga, terutama anak-anak. Dan menanggapi keluhan tersebut, Google sudah menyiapkan update platform yang nantinya akan jauh lebih aman dari konten-konten yang dihadirkan. Tapi YouTube mengakui bahwa perbaikan yang dilakukan tidaklah sempurna dan mereka meminta bantuan para orang tua untuk mengawasi hal tersebut.

Keluhan tersebut banyak bermunculan, mengingat algoritma yang digunakan Google, untuk pencarian video kadang masih memunculkan video yang kurang pantas. Mengingat kadang-kadang mesin pencari bisa secara tak terduga memunculkan konten-konten yang tidak selayaknya dikonsumsi oleh anak-anak.

Versi terbaru dari YouTube Kids nantinya akan dilengkapi dengan kontrol parental yang lebih ketat, termasuk diantaranya adalah mesin pencarian menggunakan password yang bisa digunakan oleh para orang tua. Sehingga anak-anak bisa menggunakan pencarian video selama dalam pengawasan orang tua.

Meski dengan pengamanan konten yang lebih ketat, pihak YouTube tetap menghimbau para orang tua untuk mendampingi anak-anak, terutama jika ada konten-konten negatif yang lolos dari filter keamanan.”Kami selalu berusaha membuat konten video yang tersedia pada aplikasi menjadi family-friendly. Namun tidak ada sistem yang benar-benar sempurna,” ujar Shimrit Ben Yair, Director of Product Management YouTube Kids seperti dilansir dari slashgear.com.

Wajib Simak! YouTube Kids Berikan Kabar Gembira Bagi Para Orang Tua

Meski sistem ini tidaklah sempurna, tapi YouTube Kids tentu memiliki keamanan konten yang lebih baik bagi anak-anak jika dibandingkan dengan YouTube versi standar. Banyaknya konten negatif yang muncul bebas tentunya bisa membuat orang tua kerepotan dalam melakukan pengawasan anak-anak dan bisa berpengaruh buruk.

Pembaharuan ini tentunya tidak hanya untuk orang tua. Sekarang anak-anak dapat menikmati acara favorit mereka tanpa harus melihat konten-konten yang kurang pantas. YouTube juga banyak memberikan penjelasan mengenai penggunaan dari kontrol-kontrol parental tersebut. YouTube Kids nantinya juga akan mendukung pada Chromecast, Apple TV dan SmartTV lainnya yang mendukung protocol streaming.

YouTube juga memperkenalkan konsep playlist guest-curated, yang bisa merekomendasikan apa yang harus ditonton, atau tema tentang konten yang lebih bermanfaat. Hal ini juga memperluas dari konten dari video HooplaKids, TuTiTu, ScShow Kids, DreamWorksTV dan masih banyak lagi.

Pembaharuan aplikasi ini tentu bisa menjawab dari masalah yang berada di YouTube Kids itu sendiri. Beberapa pihak merasa prihatin bahwa iklan yang bersliweran bisa menyesatkan, terutama bagi anak-anak. Jika orang dewasa mungkin bisa menanggapi hal itu lebih bijak. Dan YouTube mencoba untuk mengatasi masalah ini dengan memperkecil kemungkinan hal yang tidak diinginkan terjadi, serta membatasi jenis iklan yang diperbolehkan, namun mengingat itu adalah sumber pendapatan dari Google, tentu hal itu tidak akan pernah benar-benar hilang.

Tags

About The Author

Nana 45
Ordinary

Nana

Karena, menulis itu menyenangkan...

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel