1

Allwinner Bergabung ke Linux Foundation

15 Jun 2015 10:00 1551 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perusahaan pembuat chip yang cukup terkemuka, Allwinner akhirnya bergabung dengan Linux Foundation

Perusahaan pembuat chip yang cukup terkemuka, Allwinner akhirnya bergabung dengan Linux Foundation. Perusahaan yang bermarkas di Zhuhai, Tiongkok itu akan jadi bagian besar dari sebuah komunitas open source terbesar. Ini artinya, perusahaan akan mendukung OS open source seperti yang dilakukan banyak perusahaan lainnya. 

Apa keuntungan dari Allwinner dengan bergabung ke Linux Foundation? Keuntungan terbesarnya tentu adalah penggunaan chipset Allwinner untuk berbagai perangkat mobile seperti tablet dengan OS Linux. Nantinya, perangkat OS Ubuntu ataupun OS lainnya berbasis Linux dapat optimal dengan prosesor Allwinner. Perangkat seperti PC mini maupun TV box dengan OS Linux pun bisa berjalan lancar dengan dukungan Allwinner. 

Sebenarnya, perangkat dengan chipset Allwinner sudah bisa menjalankan Linux. Contohnya adalah Mele A1000. Perangkat TV Box ini sudah menggunakan Allwinner A10 ARM. Tentunya, dengan bergabungnya perusahaan yang berdiri tahun 2007 itu akan membuat banyak perangkat dengan chipset Allwinner akan lebih banyak lagi mendukung OS Linux. 

Dikutip dari Liliputing (15/06/2015), bergabungnya Allwinner juga didasari karena Allwiner ingin agar Allwiner bisa bekerja lebih dekat  dengan berbagai perusahaan yang bergabung di Linux Foundation dan untuk memberikan pengalaman yang lebih. Apakah ada efek besar? Tentu saja ada efek besar dari bergabungnya Allwinner ke Linux Foundation. Hanya saja dampaknya belum terlihat. Ada kemungkinan dampaknya sangat positif karena bisa saja nanti ada banyak perangkat mobile dengan ekosistem Linux dan berbasis chipset Allwinner yang cukup banyak disukai. 

Linux Foundation sendiri adalamerupakan sebuah konsorsium teknologi yang bersifat nirlaba. Konsorsium ini dibentuk dari penggabungan dua organisasi, yakni Open Source Development Labs (OSDL) dan Free Standards Group (FSG). Perusahaan-perusahaan yang tergabung di Linux Foundation bertugas agar Linux terus berkembang ke arah yang lebih baik. Dukungan berbagai perusahaan yang menjadi anggota konsorsium yang berdiri tahun 2007 sudah banyak. Dari mulai perusahaan kecil sampai perusahaan besar. Oraganisasi yang tergabung dalam Linux Foundation diantaranya NEC, Intel, IBM, Samsung, Fujitsu, Qualcomm, AMD, Sony, LG, DeramWorks Animation, dan banyak lagi. Bergabungnya, Allwinner tentu akan menambah daftar perusahaan yang mendukung ekosistem Linux untuk terus berkembang. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel