1

Inilah Tablet dengan Prosesor Intel Atom x3 yang Dibanderol Murah

9 May 2015 11:00 2204 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tablet murah dengan Intel Atom x3 ini bernama Teclast X70 3G

Intel memiliki prosesor Intel Atom yang khusus digunakan untuk perangkat mobile. Tipe prosessor ini sudah tersemat di beberapa produk. Contohnya adalah Microsoft Surface 3 yang  berbanderol $499 atau sekitar Rp 6,5 juta. Produk tersebut menggunakan chip Intel Atom x7. Ada pula tablet di kelas menengah yang dibanderol dengan harga $349 atau sekitar Rp 4,5 juta. Tablet di kelas ini menggunakan chip Intel Atom x5.

Selain Intel Atom x7 dan Intel Atom x5, ada juga chipset lain yakni Intel Atom x3 yang khusus digunakan untuk tablet dengan harga sangat terjangkau. Hanya saja belum ada tablet tipe ini. Tapi, salah satu produsen dari Tiongkok ternyata telah menggunakan Intel Atom x3 untuk produk tablet tebarnya. Produk tersebut adalah Teclast X70 3G

Teclast X70 3G merupakan tablet dengan chip Intel Atom x3-C3130. Prosesor didalamnya merupakan prosessor yang berbasis arsitektur dengan kode nama SoFIA. Prosesornya merupakan prosesor dua inti dengan kecepatan 1GHz dan grafis Mali MP2.  Prosesor tersebut hanya didukung dengan RAM 512MB saja. Memori internalnya juga sangat kecil, yakni 4GB saja.

Spesifikasi lain dari produk ini juga tidak terlalu istimewa. Dikutip dari Liliputing (09/05/2015), produk tersebut ternyata hanya didukung dengan layar 7 inci dengan resolusi 1024 x 600 pikse. Sisi kameranya juga tidak terlalu bagus. Kamera depannya tersemat kamera VGA dan kamera belakang hanya 2MP. Tetapi untuk sektor konektivitas bolehlah sedikit dipuji karena tersemat  802.11n WiFi, microSD card slot, dual SIM card, micro USB port, dan Bluetooth 4.0.

Teclast X70 3G ini mendukung jaringan 3G. Sistem operasi yang diusungnya adalah Android 4.4 KitKat. Namun, soal baterai yang digunakan tidak disebutkan berapa kapasitasnya.

Yang pasti, Teclast X70 3G adalah tablet pertama yang menggunakan Intel Atom x3 yang tidak terlalu kencang jika dbaidngkan dengan Intel Atom x5 dan Intel Atom x7. Karena memang ditujukan untuk kelas terjangkau, harga produk ini juga sangat terjangkau, yakni sekitar $50 sampai $70 atau sekitar Rp 600ribuan hingga Rp 900ribuan.  Kabrnya, produk ini sudah hadir di Tiongkok dan di Amerika. Di Indonesia? Tampaknya tablet ini tidak akan masuk ke tanah air.[HMN]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel