Perlukah Smartphone Anda Dipasang Anti virus?

29 Dec 2014 18:00 10439 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

kecanggihan yang ada pada smartphone ini mempunyai dampak tertentu. Salah satunya adalah keberadaan malware atau aplikasi berbahaya. Bahkan saat ini, khusus di platform Android, jumlah malware yang tersebar terus mengalami peningkatan. Dibandingkan tahun lalu, terdapat peningkatan sebesar 600 persen.

Sebuah smartphone mempunyai karakteristik yang berbeda jika dibandingkan dengan handphone biasa. Sebuah smartphone dilengkapi dengan sistem operasi selayaknya sebuah komputer ataupun tablet. Selain itu, smartphone juga mempunyai spesifikasi hardware yang lebih canggih dibandingkan handphone biasa.

Dengan kombinasi sistem operasi dan spesifikasi hardware canggih tersebut, maka sebuah smartphone pun bisa melakukan berbagai hal yang tak bisa dilakukan oleh handphone biasa. Tidak heran kalau smartphone saat ini tidak hanya digunakan sebagai tuntutan lifestyle, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung pekerjaan.

 

virus android

 

Namun di sisi lain, kecanggihan yang ada pada smartphone ini mempunyai dampak tertentu. Salah satunya adalah keberadaan malware atau aplikasi berbahaya. Bahkan saat ini, khusus di platform Android, jumlah malware yang tersebar terus mengalami peningkatan. Dibandingkan tahun lalu, terdapat peningkatan sebesar 600 persen.

Fakta tersebut pun menunjukkan kalau aplikasi berbahaya yang menargetkan diri secara khusus kepada para pengguna smartphone benar-benar ada. Dan para korban yang sudah menjadi target penyerangan aplikasi malware tersebut pun sudah banyak. Dengan kondisi tersebut, tentunya menjadi sangat penting bagi smartphone Pasebania untuk di pasang anti virus.

Kenapa harus menginstal aplikasi antivirus? Jawabannya sederhana. Aplikasi malware bisa dijumpai di manapun. Bahkan di toko aplikasi milik Google sendiri, yakni Play Store pun tak lepas dari yang namanya malware. Terlebih toko aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia di dunia internet.

Dari sekian banyak jenis smartphone yang ada di pasaran, handphone pintar dengan sistem operasi Android memang menjadi target utama aplikasi malware. Alasan utama kenapa para hacker membuat aplikasi malware di platform ini adalah karena Android adalah platform mobile paling populer di dunia saat ini.

Selain itu, Android merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat berbasiskan pada Linux yang merupakan sistem operasi open source. Dengan begitu, para hacker pun tidak terlalu kesulitan dalam membuat kode aplikasi malware untuk platform Android.

Hal ini pun berbeda dengan platform mobile lainnya seperti Windows Phone, iOS ataupun BlackBerry. Ketiga platform mobile tersebut adalah sistem operasi tertutup. Selain itu, terlepas dari iOS, BlackBerry dan Windows Phone adalah dua sistem operasi yang popularitasnya jauh di bawah Android.

So, dengan kondisi tersebut, apakah Pasebania masih mempertanyakan keharusan untuk menginstal aplikasi antivirus? Terlebih saat ini tersedia beberapa aplikasi antivirus gratis yang bisa diunduh tanpa biaya apapun di Play Store. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel