1

Mengintip Teknologi dan Fungsi pada Kalkulator Scientific dan Aplikasinya

6 Feb 2014 11:15 37952 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kalkulator jaman modern saat ini bukan sekedar untuk perhitungan penjumlahan, perkalian, pengurangan, atau pebagian saja. Sudah banyak beredar kalkulator ilmiah atau sering disebut kalkulator scientific. Lalu sebenarnya apa fungsi kalkulator ilmiah ini? Adakah kelebihannya dari kalkulator biasa?

Kalkulator jaman modern saat ini bukan sekedar untuk perhitungan penjumlahan, perkalian, pengurangan, atau pebagian saja. Sudah banyak beredar kalkulator ilmiah atau sering disebut kalkulator scientific. Lalu sebenarnya apa fungsi kalkulator scientific atau ilmiah ini? Adakah kelebihannya dari kalkulator biasa? Dan bisakah kita menjalankan kalkulator tipe ini pada aplikasi di Android?

Jika Anda bertanya adakah kelebihan kalkulator biasa dengan kalkulator scientific, maka jawabannya adalah sangat banyak kelebihannya. Kalkulator ilmiah atau scientific merupakan sebuah perangkat kalkulator elektronik yang dirancang bukan hanya untuk memecahkan permasalahan dalam bidang matematika, melainkan juga untuk bidang lain seperti ilmu pengetahuan, fisika, teknik dan lain-lain. Dengan munculnya kalkulator ilmiah, banyak orang berpendapat bahwa mistar atau slide rule menjadi benar-benar sudah “pensiun”.

Tidak hanya itu, banyak peralatan tradisional yang tergeser dengan adanya kalkulator ilmiah ini. Praktis kalkulator ilmiah secara luas sudah lazim digunakan dalam berbagai kegiatan pendidikan serta professional setting. Memang tidak bisa dipungkiri fungsi kalkulator ilmiah sangat sering diperlukan pada kelas matematika dari tingkat SMP sampai perguruan tinggi, atau bahkan untuk masyarakat umum. Terlebih dipasaran ada kalkulator model high-end yang memiliki fitur lebh sehingga lebih mudah untuk menerjemahkan masalah.

Untuk versi standar setidaknya ada sekitar 5 fitur yang menjadi fungsi utama kalkulator ilmiah. Apa saja fitur perhitungan itu? Simak selengkapnya dibawah ini:

Notasi Ilmiah

Untuk yang pertama adalah Notasi Ilmiah, perhitungan dan permasalahan yang dapat dipecahkan melalui perangkat kalkulator ilmiah. Notasi Ilmiah sendiri merupakan sebuah cara penulisan nomor yang mengakomodasi nilai-nilai terlalu besar maupun kecil guna dengan mudah bisa ditulis pada notasi desimal standar. Sederhananya Notasi Ilmiah merupakan pola angka yang digunakan pada pelaporan hasil sebuah pengukuran agar dimaksudkan untuk memudahkan dalam penulisan laporan.

Sebagai contoh, Anda pastinya memiliki kendala saat menuliskan besaran yang nilainya sangat bersar maupun kecil seperti Anda menulis massa bumi atau mungkin Anda menuliskan berat sebuah elektron dalam satuan kg. Notasi Ilmiah juga dianggap masih memiliki sejumlah sifat lain yang berguna. Selain itu umumnya teori ini memang lazim digunakan pada kalkulator, dan oleh para ilmuwan, matematikawan, dokter, atau bahkan insinyur. Tidak perlu kertas untuk merumus, Anda akan mudah menulis Notasi Ilmiah melalui kalkulator ilmiah.

Floating Point

Fungsi kedua dari kalkulator ilmiah atau scientific adalah perhitungan Floating Point. Hampir sama dengan Notasi Ilmiah, namun agak berbeda karena Floating Point merupakan sebuah format bilangan yang bisa digunakan untuk merepresentasikan suatu nilai yang sangat besar maupun sangat kecil. Bilangan Floating Point dapat direpresentasikan menjadi 2 bagian, diantaranya adalah bagian mantisa serta bagian eksponen (E). Format ini sering digunakan pada perhitungan di bidang perkomputeran. Sebagai contoh pada program perangkat lunak Microsoft Excel dirancang di sekitar spesifikasi IEEE 754 sehingga dapat menyimpan maupun menghitung angka floating-point. Atau bisa dalam bidang bahasa pemrograman, khususnya pada bahasa pemrograman berbasis C, Floating Point direpresentasikan dengan tipe data float.

Logaritma

Mungkin Anda sudah mengenal Logaritma. Ini adalah operasi matematika yang disebut merupakan kebalikan dari eksponen (pemangkatan). Sering kali Logaritma dirumuskan bc= a ditulis sebagai blog a = c (b disebut basis). Namun ada pula yang merumuskan Logaritma dengan blog a = c sebagai logba = c. Fungsi perumusan Logaritma sendiri adalah untuk memecahkan persamaan dimana pangkatnya tidak diketahui. Selain itu saat ini dalam dunia sains, terdapat banyak besaran yang umumnya diekspresikan dengan operasi matematika Logaritma. Anda bisa menghitung rumus Logaritma pada kalkulator ilmiah dengan mudah dan cepat.

Trigonometri

Fungsi kalkulator ilmiah selanjutnya adalah perhitungan Trigonometri. Ini adalah sebuah cabang pelajarang matematika yang berhubungan dengan sudut segitiga serta fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, maupun tangen. Mungkin banyak diketahui oleh pelajar sekolah menengah atas.

Lebih lanjut, Trigonomteri sering dipakai untuk menyelesaikan segitiga atau saat ini lazim digunakan untuk teknik triangulasi yang dipakai pada ilmu astronomi guna menghitung jarak ke bintang-bintang terdekat, atau bisa juga pada bidang geografi guna menghitung antara titik tertentu, serta dalam sistem navigasi satelit.

Eksponensial

Eksponensial atau sering disebut pemangkatan atau fungsi eksponensial, merupakan operasi matematika yang dapat Anda kerjakan pada kalkulator ilmiah. Ini merupakan perkalian yang diulang-ulang. fungsi tersebut sering ditulis dengan notasi exp(x) maupun ex, dimana e merupakan basis logaritma natural yang diperkirakan sama dengan 2.71828183.

Selain beberapa fungsi diatas, ada pula kalkulator ilmiah atau scientific yang memiliki fitur perhitungan yang mencakup heksadesimal, konversi unit, konstanta fisika, statistik dan probabilitas, pemecahan permasalahan dan lain-lain.

Aplikasi Kalkulator Scientific pada Google Play

Semua fungsi di atas, terangkum pada satu aplikasi Android di Google Play bernama HF Scientific Calculator dari developer bernama Hexflasor. Sejauh ini, aplikasi kalkulator ini mendapat predikat terbaik dari semua aplikasi kalkulator yang ada. Anda yang dalam kesehariannya membutuhkan kalkulator jenis ini direkomendasikan Paseban untuk mengunduhnya secara gratis di sini.

Tak mungkin rasanya kini Anda menghitung angka-angka rumit di kertas atau kalkulator yang sudah terpasang pada handphone Anda yang sangat terbatas fungsinya, aplikasi ini menjawab kebutuhan Anda tersebut. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel