1

Bagaimana Teknologi Internet Telah Mengubah Gaya Hidup Kita

15 Apr 2014 20:00 7282 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Siapa yang tidak mengenal teknologi internet dewasa ini. Teknologi internet yang telah hadir di tengah-tengah kehidupan kita secara tidak langsung telah membantu segala aktivitas kita. 

Siapa yang tidak mengenal teknologi internet dewasa ini. Teknologi internet yang telah hadir di tengah-tengah kehidupan kita secara tidak langsung telah membantu segala aktivitas kita. Bisa dikatakan, hampir setiap hari kita tidak bisa terlepas dari teknologi internet ini, terutama dengan kehadiran smartphone yang memudahkan kita untuk mengakses internet secara Mobile. Dengan kehadiran smartphone, kita akan dapat dengan mudah mengecek email yang masuk, melihat apa yang terjadi dalam akun jejaring sosial, bahkan mencari jalan di tempat yang asing, semua kita lakukan dengan internet. Secara tidak langsung, teknologi internet telah menjadi kebudayaan masyarakat modern saat ini.

Teknologi internet bisa dikatakan telah menghubungkan jutaan perangkat Mobile dari seluruh dunia dan juga berbagi data dengan perangkat lain tanpa sepengetahuan dan seizin kita. Segala sesuatu hal saat ini telah terhubung ke internet, dari karet gelang untuk olah raga, bahak hingga lemari es saat ini pun sudah bisa Anda koneksikan dengan perangkat smartphone Anda yang terhubung ke internet. Perkembangan teknologi internet saat ini semakin berkembang, tidak hanya dimanfaatkan untuk membantu manusia bertukar data dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan teknologi internet saat ini yang bisa mengubah gaya hidup kita dalam beberapa tahun ke depan, simak ulasan Paseban di bawah ini.

 

Chip

Kita tentu mengenal perangkat kecil ini, dari berupa perangkat sederhana berupa RFID sampai ke prosesor yang memiliki pola yang jauh lebih rumit, perangkat ini secara tidak langsung sudah berada di tengah-tengah kehidupan kita. Jelas teknologi ini membawa dampak yang baik dan buruk, tapi teknologi Chip yang menjadi salah satu bagian dari teknologi internet ini sangat kuat dan tidak bisa kita tolak.

Di dalam perangkat kita yang ditenagai Chip dan juga internet, kita dapat mengakses sejumlah besar informasi yang dapat mengambil beberapa tindakan dan perubahan yang sangat kuat.

Paseban akan memberikan contoh perubahan dari perkembangan teknologi Chip dan teknologi internet ini, yakni pada penerangan jalan. Di beberapa negara maju saat ini, pengguna lampu jalan telah menggunakan Chip prosesor dan koneksi internet yang akan membuatnya sangat mudah untuk melihat ketika ada permasalahan pada bola lampu ini. Tetapi ketika Anda mendapatkan data ini, maka tidak mungkin jika Anda dapat membuat serangkaian hubungan logis yang menghemat waktu Anda.

chipset

 

Membantu Segala Aktivitas Anda

Maka bukan hal yang mustahil jika teknologi internet nantinya akan mengubah gaya hidup dalam rumah Anda. Seperti halnya jika Anda memasang teknologi Wireless Micro Controller di setiap sudut garasi atau tempat kosong di rumah, maka Anda akan mendapatkan informasi tentang di mana Anda akan dapat memarkirkan kendaraan Anda. Bahkan Anda mungkin bisa mendapatkan informasi tentang apa yang berada di dalam lemari es Anda ketika terhubung ke dalam internet atau daya listrik rumah Anda. Mungkin juga Anda dapat mengaktifkan lampu rumah Anda melalui perangkat smartphone Anda.

 

Sisi Baik dan Buruk

Tidak semua perkembangan zaman terutama perkembangan teknologi internet dalam kehidupan sehari-hari Anda ini dapat memberikan sisi baik pada kehidupan Anda. Ada beberapa sisi buruk dari perangkat ini.

Seperti contohnya, ketika Anda pergi meninggalkan rumah, jika seluruh rumah di dalam satu perumahan dapat diakses oleh internet, maka bukanlah hal yang mustahil jika informasi rumah Anda yang kosong dapat diketahui oleh khalayak ramai. Dan secara tidak langsung hal ini akan mengundang tindakan kriminal untuk beberapa orang yang merencanakannya.

Akan menjadi sesuatu yang menakutkan juga jika semua perangkat di dalam rumah Anda memiliki Chip di dalamnya, seperti lemari es, kompor, AC dan lain sebagainya. Semua perangkat tersebut dapat memberikan informasi lebih detail kepada Anda dan bahkan hal yang tidak diinginkan pun bisa terjadi di sini. Mungkin saja tetangga Anda secara iseng melakukan Hack pada kompor atau lemari es Anda yang memberikan efek yang membahayakan kepada sang pemilik rumah. Bahkan saat ini Printer yang memiliki fitur secara Wireless dapat digunakan sebagai media kejahilan tetangga lain yang juga terhubung dalam koneksi yang sama. Jika hal kecil saja sudah bisa menjadi bahan kejahilan yang mengganggu, bagaimana jika hal yang lain yang lebih vital mendapatkan fitur yang serupa?

Isi brankas Anda pun mungkin bisa diketahui oleh orang banyak. Karena semua hal bisa dikoneksikan kepada internet dan mengubah gaya hidup Anda, namun bukan berarti Anda harus mengkoneksikannya semua hal tentang diri anda ke internet.

Kebenarannya adalah bahwa masa depan terletak di suatu tempat antara keduanya, tapi hal yang wajar untuk selalu waspada terhadap dampak dan potensi dari perkembangan teknologi internet ini yang benar-benar membawa kita ke dunia yang benar-benar terhubung satu sama lain. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel