7 Mobile Platforms Paling Diincar Tahun 2011

17 Jun 2011 13:12 3323 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ini menarik, rupanya ada sebuah instansi yang menyelenggarakan sebuah penelitian seputar *mobile*. Tiba-tiba saja instansi tersebut melayangkan sebuah hasil *survey* yang dilakukannya sepanjang tahun ini. Vision Mobile dan Bluevia nama instansi tersebut, yang telah mempublikasikan hasil survey tentang *mobile* yang sering diincar para developer untuk pengembangan produk mereka sebelum masuk pasaran.

Ini menarik, rupanya ada sebuah instansi yang menyelenggarakan sebuah penelitian seputar mobile platform. Tiba-tiba saja instansi tersebut melayangkan sebuah hasil survey yang dilakukannya sepanjang tahun ini.

Vision Mobile dan Bluevia nama instansi tersebut, yang telah mempublikasikan hasil survey tentang mobile yang sering diincar para developer untuk pengembangan produk mereka sebelum masuk pasaran.

Berikut adalah 7 top mobile platform paling diminati para developer.

  1. Android
    Survey menunjukkan bahwa dua pertiga dari developer mobile lebih memilih Android ketimbang iOS Apple. Tahun 2010, Android menjadi platform mobile yang terkenal dengan total pengguna 67 persen, dimana para developer merasa puas dengan hasil kinerja mereka. Android menjadi objek platform yang paling diminati, itu artinya Android telah mengalami peningkatan 8 persen di tahun 2011.

  2. Apple
    Apple rupanya kalah pamor dengan Android. Padahal para developer sempat menargetkan Apple iOS menjadi objek pengembangan platform pada tahun ini. Ternyata Apple harus puas menempati posisi ke-2 dengan 59 persen tapi setidaknya Apple mengalami peningkatan 9 persen dari tahun lalu yang berkisar 50 persen.

  3. Java ME
    Java ME harus puas di posisi ketiga dengan 46 persen (turun 4 persen dari tahun 2010).

  4. BlackBerry
    Platform RIM atas buah karyanya BlackBerry stagnan di posisi keempat dengan 45 persen, padahal pada tahun 2010 para developer juga menyatakan bahwa mereka akan menargetkan BlackBerry di tahun 2011. Dan ternyata eksistensi BlackBerry di mata developer naik 5 persen dari tahun sebelumnya yaitu 40 persen.

  5. Symbian
    Symbian merupakan mobile platform yang terpuruk saat ini, tahun lalu Symbian memperoleh 48 persen dan tahun ini Symbian harus menempati posisi kelima dengan 38 persen saja.

  6. Windows Phone
    Windows Phone menempati posisi keenam dengan 36 persen padahal tahun lalu Windows Phone mencapai 39 persen. Para developer juga menyatakan sebelumnya untuk mengembangkan Symbian dan Window Phone sebagai platform tahun ini. Namun sayang keduanya terpuruk dan kalah bersaing dengan yang lain.

  7. Flash dan Flash Lite
    Menariknya, Flash dan Flash Lite menduduki tempat ketujuh dengan 34 persen. Peningkatannya cukup signifikan dibandingkan tahun kemarin yang hanya mendapatkan 22 persen. Walaupun iOS Apple anti menggunakan Adobe Flash namun Android sebaliknya, Android yang justru menggunakan Adobe Flash untuk men-support platform-nya.

Studi ini juga menunjukkan bahwa untuk eksperimen ini, para developer menggunakan rata-rata 3.2 platform mobile pada waktu yang sama. Seperti yang diterangkan oleh Visual Mobile dan Bluevia dalam website resminya mengenai mengapa Android lebih populer daripada platform lainnya. Hal tersebut dikarenakan Android hadir dengan 'easiest' eksistensinya yang terkenal paling mudah sebagai OS mobile, termasuk mudahnya Android sebagai objek eksperimen untuk pengembangan. LN

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel