1

Cara Lain Menghemat Baterai Android dengan QualityTime - My Digital Diet

15 Mar 2015 12:00 5804 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara utama menghemat baterai android adalah kembali kepada diri anda sendiri. Semua aplikasi penghemat baterai yang anda gunakan tidak akan berguna dengan baik jika anda tetap menggunakan aplikasi, fitur secara brutal. Jadi bagaimana cara menggunakannya? Kalau membatasi pemakaian aplikasi tentu akan mengurangi interaksi kita dengan smartphone.

http://www.plimbi.com - Baterai adalah jantung dari perangkat pintar baik itu tablet, ponsel atau jam. Tanpa baterai, produk-produk elektronik ini tidak akan ada gunanya. Banyak aplikasi penghemat baterai yang bertebaran di Play Store, namun tidak semuanya berjalan dengan baik. Malah ada aplikasi yang sebenarnya tidak melakukan apa-apa, tidak menghemat baterai anda. Menghemat baterai Android tidak akan terjadi dengan hanya menginstal aplikasi tersebut.

Cara utama menghemat baterai android adalah kembali kepada diri anda sendiri. Semua aplikasi penghemat baterai yang anda gunakan tidak akan berguna dengan baik jika anda tetap menggunakan aplikasi, fitur secara brutal. Jadi bagaimana cara menggunakannya? Kalau membatasi pemakaian aplikasi tentu akan mengurangi interaksi kita dengan smartphone.

Ada cara menghemat baterai Android yang bisa anda gunakan, yaitu dengan aplikasi  QualityTime – My Digital Diet. Aplikasi ini akan memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai penggunaan aplikasi, fitur atau apapun yang berjalan di Android anda.

 

QualityTime – My Digital Diet

QualityTime – My Digital Diet adalah aplikasi android yang berguna untuk memonitor segala sesuatu yang ada di Android anda seperti penggunaan aplikasi, frekuensi aplikasi dan saat ponsel terkunci. Dia akan memberikan anda semua data penggunaan yang lengkap bahkan sampai hitungan detik.

Dengan ini, anda tahu aplikasi mana yang paling sering anda gunakan dan bisa dikurangi penggunaannya untuk menghemat baterai android. Dengan aplikasi ini juga bisa mendeteksi aplikasi yang berjalan di background yang terus menggerogoti kapasitas baterai anda.

 

Cara kerja

QualityTime – My Digital Diet akan memantau aplikasi yang berjalan di android anda setiap detik dan menerjemahkannya ke dalam bentuk yang mudah untuk dipahami. Setelah anda menggunakan aplikasi ini, detik per detik penggunaan aplikasi dan fitur lain akan didata oleh aplikasi ini kemudian disajikan dalam bentuk grafik agar anda bisa lebih memahami dan memutuskan aplikasi mana yang perlu diminimalisir penggunaannya.

Selain waktu, aplikasi ini juga menyuguhkan data berapa kali anda membuka setiap aplikasi dalam satu hari. Ini akan membantu menganalisa bagaimana kebiasaan anda dalam menggunakan aplikasi. Bila QualityTime – My Digital Diet merasa anda sudah berlebihan dalam menggunakan aplikasi akan muncul alert.

 

Fitur

Untuk menggunakan aplikasi ini anda terlebih dahulu harus melakukan registrasi online. Gunanya, data penggunaan aplikasi anda di simpan ke cloud. Ada sedikit hal yang janggal karena kita harus registrasi karena sebenarnya data seperti ini berukuran kecil dan kita seharusnya bisa menghapus data tersebut bila sudah mulai memenuhi storage.

Ini mungkin keuntungan bagi pengembang, mereka bisa menganalisa penggunaan aplikasi yang ada di ponsel anda. Jadi mereka bisa memberikan datanya kepada developer aplikasi tersebut, tau mereka bisa memberikan data aplikasi mana yang paling laris hari ini, besok, dalam satu bulan atau satu tahun. Tentu kita tahu data seperti itu bisa dijual.

Terlepas dari keuntungan yang didapat developer, aplikasi ini gratis dan tidak ada iklannya. Tentu pengembang juga ingin mendapat untung dari aplikasi yang dia buat. Bila itu tidak masalah bagi anda, lanjutkan penggunaan aplikasi ini.

 

Timeline Smartphone

Kegiatan penggunaan smartphone akan ditampilkan dalam bentuk yang enak dipandang, visual yang menarik dan mudah menavigasinya. Anda tinggal men-scroll ke bawah untuk melihat detail penggunaan aplikasi dari siang sampai malam.

Swipe ke kiri dan ke kanan untuk menavigasi ke tanggal-tangal lainnya.

 

Melihat kebiasaan Anda

  • Data berapa kali anda membuka aplikasi dan berapa setiap hari atau setiap minggu dapat dilihat pada QualityTime – My Digital Diet. Untuk mempermudahnya, anda bisa men-tap ikon-ikon aplikasi tersebut dan scroll ke bawah untuk melihat detailnya.
  • Tap ikon panah kecil di bagian atas untuk masuk ke informasi aplikasi yang lebih lengkap. Dari sini anda juga bisa mengatur berapa batas waktu untuk penggunaan aplikasi tersebut. Bila penggunaan aplikasi sudah mencapai batas waktu yang sudah anda tentukan akan muncul peringatan.
  • Penyimpanan di cloud. Fungsi ini agar kita bisa menyimpan semua data penggunaan aplikasi hingga enam bulan. Tentu data selama enam bulan akan cukup menghabiskan storge anda, jadi keputusan penyimpanan cloud bisa diterima. Developer juga menjamin data anda aman bersma mereka.

 

Kesimpulan

QualityTime – My Digital Diet bukan hanya berguna untuk menghemat baterai. Dia juga bisa dijadikan sebagai pengingat anda dalam berinteraksi dengan smartphone. Terkadang kita suka lup waktu ketika sudah bermain game, menonton video, browsing, chatting. Ada baiknya bila ada yang mengingatkan dan memberikan anda data untuk lebih efisien dalam menggunakan smartphone.

Keputusan tetap di tangan anda, QualityTime – My Digital Diet hanya membantu menganalisa kebiasaan anda.[RIC]

 

Link Download di Play Store

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel