Tips Membatasi Anak Bermain iPhone dan iPad

17 May 2011 22:36 5015 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apa jadinya bila iPhone dan iPad jatuh ke tangan anak-anak? Sudah pasti mereka akan bermain sepanjang waktu, bila hal tersebut dibiarkan dalam waktu tertentu anak Anda akan kecanduan bermain iPhone dan iPad. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini tips orang tua untuk bisa membatasi anak bermain iPhone dan iPad.

Hadirnya perangkat pintar seperti iPhone dan iPad tentu memberi kemudahan dan kebutuhan dalam kehidupan kita dalam berkomunikasi. Terlebih perangkat canggih itu memberi kita hiburan yang menarik seperti game dan aplikasi lainnya. Tapi apa jadinya bila iPhone dan iPad jatuh ke tangan anak-anak?

Sudah pasti mereka akan bermain sepanjang waktu, bila hal tersebut dibiarkan dalam waktu tertentu maka anak Anda akan kecanduan bermain iPhone dan iPad. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini tips untuk orang tua agar bisa membatasi anak bermain iPhone dan iPad.

Berbicaralah pada Anak

Mulailah dengan diskusi ringan dan terbuka dengan anak Anda tentang batasan-batasan yang ditetapkan. Jika Si Anak sudah bermain-main dengan iPhone setiap saat dan tiba-tiba Anda mengambilnya dan berkata "Waktu habis!". Nah bisa Anda bayangkan betapa marahnya mereka. Maka, jelaskanlah kepada anak Anda mengapa Anda telah membatasi waktu untuk bermain iPad, secara tidak langsung sikap tersebut akan memberikan pemahaman tentang kepentingan dan bersikap bijak menggunakan iPad.

Buatlah Aturan dan Tetaplah Konsisten

Buatlah aturan mengenai batasan waktu dan tetaplah konsisten. Jika Anda memiliki anak keras kepala yang menolak semua aturan tersebut, maka bersabarlah. Jangan ragu untuk mengambil iPhone ketika mereka marah atau rewel. Tetap teguh pada tekad Anda. Jangan ragu-ragu atau menyerah karena kemarahannya karena akan berdampak pada sikap yang akan mendorong mereka untuk menghabiskan waktu dengan iPhone lebih lama dan berikutnya akan semakin sulit diatur. Jelaskan apa konsekuensinya jika mereka tidak mentaati batas waktu yang telah disepakati.

Alihkan Perhatian Anak dari Perangkat

Dorong anak Anda untuk menghabiskan waktu di luar rumah bila itu memungkinkan. Kegiatan fisik seperti naik sepeda, bermain petak-umpet, dan berenang selalu lebih bermanfaat untuk siapapun yang melakukannya. Akan lebih baik bila anak-anak bisa bergabung di kelas balet atau tim sepak bola. Tentukan rencana dan tanggal untuk bisa pergi ke taman bersama teman-temannya.

Ketika cuaca buruk dan membuat mereka harus berdiam di rumah, maka berinisiatiflah Anda untuk bisa bermain dengan melibatkan anggota keluarga seperti teka-teki, bermain monopoli, bercerita, memasak dan lain-lain. Sehingga kebersamaan tersebut akan menghiburnya dan menumbuhkan rasa aman dan nyaman setiap kali tinggal di samping Anda meski mereka sudah beranjak dewasa dan memiliki kehidupannya sendiri. LN

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel