Masa Depan Gadget Menjadi Setipis Kertas

28 Oct 2011 18:00 6313 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tim peneliti Queen University, Ontario, Kanada jurusan Human Media Lab menciptakan dua *prototype gadget* dengan konsep fleksibel dan tipis terbuat dari elektronik *paper*, mereka menyebutnya PaperPhone dan Snaplet. Secara harfiah *gadget* ini diartikan terbuat dari kertas, namun sebenarnya *gadget* ini berbahan dasar plastik.

Tim peneliti Queen University, Ontario, Kanada jurusan Human Media Lab menciptakan dua prototype gadget dengan konsep fleksibel dan tipis terbuat dari elektronik paper, mereka menyebutnya PaperPhone dan Snaplet. Secara harfiah gadget ini diartikan terbuat dari kertas, namun sebenarnya gadget ini berbahan dasar plastik. Tim peneliti Queen University optimis bahwa lima tahun kedepan, teknologi gadget akan menjadi seperti ini.

PaperPhone berukuran 3.75 inci dan memiliki kemampuan sama seperti smartphone pada umumnya, untuk menelepon, memutar lagu, scroll kontak, menulis dan membaca teks sampai beberapa halaman, dan lain-lain.

Yang membedakan PaperPhone dengan smartphone pada umumnya adalah pengoperasiannya tidak berdasarkan pada sensor yang membaca sentuhan pengguna, tetapi berdasarkan pada Bend Sensors. Yang dimaksudkan dengan Bend Sensors ini adalah apabila pengguna mengoperasikan smartphone seperti menekan tombol dial atau huruf untuk mengetik SMS, maka akan ada bagian smartphone yang sedikit melengkung akibat tekanan tangan Anda, Bend Sensors akan membaca berdasarkan pada bagian yang melengkung itu.

Sedikit berbeda dengan PaperPhone, Snaplet lebih pada konsep Touchscreen Computer, atau nama yang lebih populer sekarang ini adalah Tablet. Snaplet bisa dikenakan pada pergelangan tangan seperti gelang, dan juga bisa digunakan sebagai telepon. Snaplet dilengkapi dengan Pen Tablet yang bisa digunakan untuk menulis langsung pada layar.

Kemudahan yang ditawarkan teknologi dengan konsep tipis dan fleksibel ini sangat menarik. Konsep PaperPhone dan Snaplet, apabila sukses tanpa ditemukan adanya kelemahan dalam pengembangan selanjutnya, akan diterapkan pada gadget lain dan menjadi tren yang disukai masyarakat.

Bayangkan masa depan gadget akan menjadi ringan, tipis dan fleksibel seperti ini. Pengguna (khususnya yang ceroboh), tidak perlu khawatir layar gadget miliknya menjadi retak atau pecah karena jatuh. Penguna dapat menggulung tabletnya seperti koran. Pengguna bisa menyimpan iPhone 11 atau Android dengan OS versi 9.2 kesayangannya dengan memasukkannya ke dalam dompet. Penebangan hutan dapat diminimalisasi karena dunia perkantoran sudah tidak membutuhkan kertas lagi karena digantikan oleh kertas elektronik ini. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel