Langkah Langkah Mengoptimalkan Keamanan Sistem operasi Windows 7 Anda

9 May 2012 13:00 8579 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Keamanan pada komputer Anda juga tergantung dari ikut andilnya Anda mengoptimalkan keamanan pada Windows 7 pada komputer atau laptop Anda. Pada tulisan ini Paseban akan mengulas langkah langkah untuk mengoptimalkan keamanan pada Windows 7 Anda.

Sistem operasi Windows 7 merupakan sistem operasi yang merupakan hasil pembaharuan dari Windows Vista yang diklaim belum sempurna. Sistem operasi Windows terkendala dengan fitur kenamanannya yang mumpuni, namun bukan berarti Anda tidak perlu lagi melakukan langkah keamanan berikutnya pada Windows Anda. Keamanan pada komputer Anda juga tergantung dari ikut andilnya Anda mengoptimalkan keamanan pada Windows 7 pada komputer atau laptop Anda. Pada tulisan ini Paseban akan mengulas langkah langkah untuk mengoptimalkan keamanan pada Windows 7 Anda.

Aktifkan BitLocker BitLocker yang tersimpan pada Control Panel mungkin jarang Anda sambangi. BitLocker berfungsi untuk mengenkripsi volume pada Hard drive, termasuk Removable Drive seperti Flash Disk dan lain sebagainya. Fungsi dari BitLocker ini adalah melindungi data data Anda dengan cara dilakukan enkripsi pada data Anda. Lakukan Update Sejatinya melakukan update sistem operasi Windows 7 Anda sangatlah penting untuk menutupi celah celah yang rentan di serang oleh hacker yang terkadang berkedok sebagai plug-in pada web browser Anda. Jadi jangan anggap remeh pengingat jadwal update sistem operasi Windows Anda untuk mengoptimalkan keamanan pada Windows 7 Anda. Instal Software Anti-spam dan Anti-malware Anti virus pada komputer atau laptop Anda tidak lah cukup untuk meningkatkan keamanan pada sistem operasi Windows 7 Anda. Anda perlu melengkapinya dengan software anti spam dan anti malware untuk menghindarkan codec palsu, Outlook palsu yang membawa sistem jahat pada komputer Anda. Memang hal ini tidak menyerang Anda secara langsung seperti virus, namun malware ini akan menuntun Anda untuk mengeksekusi sesuatu, dan malware ini akan bekerja ketika Anda menyetujui permintaan yang diminta.

Monitoring Sempatkan waktu untuk melakukan monitoring pada komputer Anda, karena seiring waktu, banyak sistem mengakumulasi banyak program, dan terkadang program yang dianggap tidak perlu pun akan diakumulasi dan hal itu akan menyebabkan penggunaan daya memori dalam sekala besar dan mengakibatkan proses pada komputer Anda menjadi lambat dan rentan akan terjadinya crash program. Anda bisa memonitoring program yang berjalan pada komputer Anda secara manual atau Anda juga bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi dari pihak ketiga yang bernama Autorun untuk mengetahu daftar software apa saja yang menurut Anda tidak perlu. Untuk mendapatkan Autorun, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini.

Back Up Data Hal yang penting yang harus Anda lakukan adalah melakukan back up data data penting Anda. Kita tidak tahu hal buruk apa yang akan menimpa sistem operasi Windows kita yang terkadang mengharuskan kita untuk melakukan instalasi ulang. Sebelum terjadi hal seperti itu, ada baiknya kita melakukan Back Up data. Anda bisa mengkonfigurasi data Anda di Control Panel > System and Security> Backup and Restore. [PY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel