Teknologi Microsoft Terbaru Kembangkan Layar Tembus Pandang dan 3D Environment

9 Mar 2012 15:00 5040 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tim *Microsoft Applied Sciences Group* (ASG) baru saja mengembangkan **teknologi Microsoft** yang mana akan membuat cara kita menggunakan komputer saat ini terlihat sangat kuno jika dibandingkan dengan layar tembus pandang OLED *(Organic Light-Emitting Diode)* interaktif yang mereka ciptakan.

"Microsoft Applied Sciences Group" (ASG) adalah tim penelitian dan pengembangan terapan yang berdedikasi untuk menciptakan teknologi komputer generasi berikutnya. Kelompok interdisipliner ini berfokus pada sinergi antara optik, elektronik dan perangkat lunak untuk membuat "interface" baru pada komputer manusia. ASG, terutama mendukung proyek-proyek komputer dan "interface hardware" generasi berikutnya untuk berbagai perangkat elektronik. Dan tim ini baru saja mengembangkan "teknologi Microsoft" yang mana akan membuat cara kita menggunakan komputer saat ini terlihat sangat kuno jika dibandingkan dengan layar tembus pandang OLED "(Organic Light-Emitting Diode)" interaktif yang mereka ciptakan.

Jinha Lee, mahasiswa MIT Media Lab Ph.D. dan peneliti magang di Microsoft, bekerja dengan Cati Boulanger (seorang peneliti di perusahaan), menggarap jenis baru dari komputer yang tampaknya seperti batu loncatan untuk sesuatu yang jauh lebih besar, yaitu komputer layar tembus pandang dan "3D Environment". Komputer terbaru hasil pengembangan teknologi Microsoft ini memungkinkan pengguna menaruh tangannya dibalik layar tembus pandang dan mengetik pada "keyboard". Dan layar tembus pandang tersebut sebenarnya adalah OLED transparan (produksi Samsung) di mana konten bisa Anda kontrol menggunakan "3D hand gestures". Anda bisa dengan cepat berpindah ke berbagai aplikasi dan "window" ala film Johnny Mnemonic, Tron, atau Minority Report. Sebuah kamera dipasang untuk menangkap gerakan kepala guna memberikan kedalaman dan sudut pandang yang akurat. "Meskipun kemajuan dalam penginderaan dan teknologi tampilan 3D yang ada pada saat ini, interaksi kita dengan komputer desktop tetap stagnan dalam bentuk 2 dimensi”, ungkap Jinha Lee pada Blog miliknya.

3D desktop "teknologi Microsof" ini adalah "3D spatial operating environment" yang memungkinkan pengguna untuk langsung berinteraksi dengan virtual desktop mereka. Dalam komputer hasil perkembangan teknologi Microsoft ini, pengguna dapat mencapai ke dalam ruang "output" proyeksi 3D dengan tangan untuk secara langsung memanipulasi konten tersebut. Pengguna dapat membuka "See-Through 3D Desktop" dan mengetik pada "keyboard" atau menggunakan "trackpad" seperti pada lingkungan operasi 2 dimensi tradisional.

Windows atau "file" terlihat seolah-olah ditempatkan di ruang 3D antara layar dan "keyboard". Pengguna dapat mengangkat tangan untuk mencapai konten yang ditampilkan dan mengatur mereka dalam ruang 3D. Berikut video demo dari komputer generasi masa depan hasil dari perkembangan teknologi Microsoft. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel