Generation C, Generasi Era Digital dan Mobile Gadget

1 Mar 2012 14:00 2864 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak jelas apakah C singkatan dari "consumer", "connected", "content" atau ketiganya, tetapi lembaga *survey* konsumen, Nielsen, dan peneliti media sosial, NM Incite, menggunakan istilah Generation C untuk mewakili generasi era digital yang lahir antara peluncuran VCR hingga komersialisasi Internet.

Tidak jelas apakah C singkatan dari "consumer", "connected", "content" atau ketiganya, tetapi lembaga "survey" konsumen, Nielsen, dan peneliti media sosial, NM Incite, menggunakan istilah Generation C untuk mewakili generasi "era digital" yang lahir antara peluncuran VCR hingga komersialisasi Internet. Mereka menggunakan istilah Generation C pada hasil survey yang dirilis kamis 23 Februari lalu. Menurut kedua lembaga survey tersebut, Generation C didefinisikan mereka yang memanfaatkan "koneksi pribadi,” dalam artian selalu memanfaatkan cara dan level baru, perangkat baru, dan pengalaman baru, di mana Generation C lebih dominan di era digital dibandingkan kelompok usia lainnya.

Hasil sensus terakhir menunjukkan bahwa warga Amerika berusia 18 hingga 34 tahun naik menjadi 23% dari seluruh populasi AS, dan kelompok usia yang diberi istilah Generation C di "era digital" ini yang menjadi sorotan kedua lembaga survey.

Dimana laporan sensus menunjukkan 27% adalah konsumen "video online", 27% pengguna media sosial atau blog, 33% memiliki tablet PC, dan 39% menggunakan *smartphone*. Kepemilikan dan penggunaan perangkat yang terkoneksi di era digital ini membuat mereka dikategorikan sebagai "konsumen unik” oleh lembaga survey konsumen tersebut. Generasi C terlibat dalam cara-cara baru terkoneksi dan memiliki poin lebih bagi pemasar untuk menjangkau mereka. Berikut infographics hasil sensus:

"Generation C, Generasi Era Digital dan Mobile Gadget" "Online Video Viewers" Dari laporan sensus era digital dalam kategori ini terlihat bahwa wanita suka melihat video di internet, presentase lebih tinggi daripada pria. Data ini makin diperkuat dengan hasil penelitian Nielsen atas pengguna Netflix and Hulu, di mana laporan menyatakan memang pengguna kedua layanan video online tersebut kebanyakan wanita. Nielsen melaporkan, 57% pengunjung Netflix.com adalah wanita, dan 59% pengunjung Hulu adalah wanita. Dan Nielsen juga menyatakan wanita akan menonton lebih banyak video begitu mereka mengunjungi situs video "online".

Dan pada laporan infographics bisa Anda lihat kelompok usia Generation C menduduki posisi kedua, 27%, sedikit dibawah kelompok usia 35-49 tahun, 28%. "Social Network/Blog Visitors" Kategori yang lagi booming di era digital ini juga masih didominasi oleh persentase pengguna wanita yang lebih banyak, seperti yang bisa Anda lihat pada infographics menduduki angka 54%. Sementara dari rentang usia, sama seperti kategori sebelumnya, Generation C, 18-34 tahun, menduduki posisi kedua, 27%, sedikit di bawah kelompok usia 35-49 tahun, 28%. "Tablet Owners & Smartphone Owners" Pada kategori perangkat "mobile" inilah yang membuat Generation C menjadi kelompok usia yang layak diperhatikan, khususnya bagi pemasar atau produsen.

Hasil sensus menunjukkan Generation C memiliki angka persentase tertinggi sebagai pengguna tablet, 33%, dan juga pengguna "smartphone", 39%. Sementara dari sisi gender, pengguna tablet pria lebih banyak daripada wanita. Tetapi pada kategori "smartphone", keduanya memiliki angka yang sama. Dari hasil sensus era digital inilah, Nielsen memberikan kelompok usia 18-34 tahun istilah Generation C, dan meng-"highlight" kelompok tersebut untuk diperhatikan dan direkomendasikan kepada pemasar atau produsen di era "mobile" digital ini. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel