Tips dan Trik Fotografi Makanan Menggunakan Ponsel

7 Feb 2012 17:00 11181 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Para pengguna ponsel saat ini mungkin sudah terbiasa mengabadikan berbagai momen menggunakan perangkat miliknya. Berbagai kisah di balik foto dapat menjadi karya yang unik dan bernilai seni tinggi. Begitu pun dengan fotografi makanan.

Para pengguna ponsel saat ini mungkin sudah terbiasa mengabadikan berbagai momen menggunakan perangkat miliknya. Berbagai kisah di balik foto dapat menjadi karya yang unik dan bernilai seni tinggi. Begitu pun dengan fotografi makanan. Anda mungkin seringkali membagikan foto makanan yang terlihat lezat. Terkadang, dengan hanya sekadar foto, nafsu makan pun akan meningkat. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan sang fotografer memiliki kemampuan fotografi makanan yang mumpuni.

Bagi Anda yang sering berkunjung ke beberapa restoran yang sering menampilkan makanan denga tampilan menarik, sekarang Anda dapat mengabadikannya dengan beberapa tips berikut ini.

  1. Jaga kebersihan latar fotografi makanan Anda. Sebuah foto makanan yang menarik, selalu diselingi oleh latar belakang yang bersih. Dengan banyaknya kombinasi pada makanan, sebuah latar bersih akan membuatnya tampak lebih sederhana.

  2. Bantuan cahaya alami akan menambah detail yang cukup banyak bagi foto.

  3. Apabila Anda tidak dapat mengubah kondisi pencahayaan, dan menginginkan sebuah filter agar mendapat kesan kreatif, Anda dapat menggunakan berbagai macam aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi foto pada iPhone, yaitu Instagram atau Camera+. Aplikasi editing foto dapat membuat fotografi makanan Anda lebih menarik.

  4. Hindari penggunaan flash. Sebuah makanan biasanya disajikan di atas sebuah meja dan piring. Penggunaan flash dapat membuat foto makanan kelebihan cahaya. Atau, yang sering terjadi adalah pantulan flash mengakibatkan hasil jepretan kurang maksimal.

  5. Setiap makanan memiliki banyak detail kecil yang bagu untuk mendapatkan gaya foto berbeda. Misalnya saja untuk sebuah kue berbentuk bulat. Anda dapat memotong sebagian kecil kue tersebut dan di simpan lebih depan.

  6. Fotografi makanan selalu dilakukan dalam jarak dekat. Anda dapat menggunakan setting macro. Beberapa kamera ponsel telah didukung dengan kemampunan fotografi macro. Dengan setting macro, foto jepretan Anda akan lebih menunjukkan tekstur makanan.

  7. Sebuah makanan yang terlihat menarik, akan tampak biasa saja jika angle saat membidik objek kurang baik. Anda sebaiknya mencoba berbagai macam angle untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, jangan lupa untuk memeriksa asupan cahaya pada beberapa angle yang diambil.

  8. Selain kemampuan teknis menggunakan kamera ponsel, Anda pun dapat menggunakan software pengolahan foto seperti Photoshop sebagai sentuhan akhir.

  9. Beberapa aplikasi foto pada ponsel telah dilengkapi dengan kemampuan mengatur White Balance. Fitur tersebut dapat Anda gunakan agar mendapatkan tones foto yang baik. Misalnya, coba Anda foto beberapa irisan daging mentah dan gunakan Flourescent Light.Pengaturan White Balance akan membuat foto lebih hidup. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel