Cara Memperbaiki Handphone Basah Akibat Jatuh di Toilet

5 Feb 2012 09:00 30430 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kita cenderung membawa handphone kita kemana-mana termasuk ke kamar kecil. Tiba-tiba kecelakaan terjadi. Secara naas, handphone Anda jatuh dari saku, atau tangan Anda, dan masuk ke toilet! Tapi jangan panik, Anda mungkin dapat menyelematkan *handphone* Anda dan menggunakannya kembali seolah-olah itu tidak pernah terjatuh di toilet.

Kita cenderung membawa handphone kita kemana-mana termasuk ke kamar kecil. Tiba-tiba kecelakaan terjadi. Secara naas, handphone Anda jatuh dari saku, atau tangan Anda, dan masuk ke toilet! Tapi jangan panik, Anda mungkin dapat menyelematkan handphone Anda dan menggunakannya kembali seolah-olah itu tidak pernah terjatuh di toilet.

Jika Anda bertindak cepat, ada beberapa hal dan cara memperbaiki handphone yang dapat Anda lakukan untuk untuk dapat meminimalkan, atau dalam beberapa kasus bahkan menghilangkan kerusakan handphone akibat handphone Anda terjatuh di toilet atau tempat air lainnya. Dalam kasus handphone basah, semakin cepat Anda melakukan tindakan, maka akan semakin baik.

Cara memperbaiki handphone berikut harus dilakukan untuk meyelamatkan handphone basah Anda yang terjatuh ke toilet sebelum menggunakan cara-cara opsional.

  • Pertama, ambil handphone dari toilet. Ingat jangan karena Anda putus asa maka Anda memutuskan untuk mem-flush atau menyiram handphone tersebut. Menyiram handphone dengan air dapat menyebabkan masalah pipa saluran air.

  • Matikan handphone Anda segera setelah Anda mengambilnya dari toilet. Jangan mencoba untuk menghidupkan handphone. Menghidupkan handphone pada saat itu basah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kabel internal. Jangan memeriksa apakah handphone masih bekerja, sabarlah sebentar dan matikan handphone terlebih dahulu.

  • Lepaskan baterai dan kartu SIM handphone Anda. Keringkan sebisa mungkin handphone dengan menggunakan handuk kertas atau kain. Gunakan kain kering untuk menyeka air yang dapat Anda lihat di bagian luar handphone Anda. Tekan ke bawah pada tombol untuk melepaskan air yang mungkin tersembunyi di bawah tombol.

  • Bongkar handphone dan periksa kalau-kalau masih terdapat air di dalam tubuh perangkat. Keringkan dengan handuk kertas dan kemudian tinggalkan hingga kering.

  • Biarkan handphone selama 24 jam hingga dirasa kering. Jika memungkinkan tempatkan perangkat handphone di sinar matahari langsung atau di depan kipas angin. Hal ini penting untuk menghilangkan uap air sebanyak mungkin.

Selain menempatkan handphone di sinar matahari langsung, terdapat beberapa cara memperbaiki handphone lain yang juga dapat Anda lakukan dalam rangka menyelamatkan handphone yang terjatuh di toilet.

Gunakan Beras

  • Tempatkan handphone Anda dalam wadah kedap udara seperti kantong plastik berisi beras. Tutup wadah dan tinggalkan handphone Anda di dalamnya selama 24 jam. Beras akan menarik keluar cairan yang tersisa di handphone Anda.

  • Setelah 24 jam tarik handphone Anda keluar dari wadah, pasang kembali baterai serta kartu SIM, dan coba hidupkan. Jika handphone Anda tampaknya masih memiliki air di dalamnya keluarkan baterai dan tempatkan kembali handphone di kantong beras untuk 24 jam tambahan.

Gunakan Pengering Rambut

Blow dry handphone dengan pengering rambut yang disetel pada setting terendah. Sama seperti langkah lainnya cara memperbaiki handphone ini akan mempercepat proses pengeringan pada handphone yang basah akibat terjatuh di toilet. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel