Software Anti Maling untuk Laptop dan Ponsel

5 Jan 2012 15:30 11601 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kebanyakan laptop maupun ponsel tidak memiliki software pelacak dan pemulihan sebelum dicuri, ini menjadi masalah jika perangkat tersebut hilang. Untuk itu, lengkapilah perangkat laptop dan ponsel Anda dengan software anti maling yang akan Paseban bahas pada artikel berikut ini.

Laptop dan ponsel akhir-akhir ini sering menjadi bahan incaran tangan-tangan jahil para pencuri. Anda memiliki 1 dari 10 kesempatan kehilangan laptop di tahun ini, berdasarkan laporan dari Gartner Group, satu laptop dicuri tiap 53 detik. Selain itu, kebanyakan komputer dan ponsel tersebut tidak memiliki *software* pelacak dan pemulihan sebelum dicuri.

Beberapa produsen laptop telah berusaha mengembangkan sistem keamanan berupa software anti maling, namun tak jarang masih banyak pengguna yang kehilangan laptop ataupun ponselnya. *Software* anti maling ini bisa membantu untuk melacak lokasi laptop ataupun ponsel yang telah dicuri. Sehingga penegak hokum setempat bisa pergi mengambilnya. Anda tentunya harus menginstall dan mengaktifkan software anti maling ini untuk selalu waspada sebelum perangkat Anda dicuri.

Aplikasi ini diam-diam berjalan pada *background* tanpa pengetahuan si pencuri. Ada beberapa *software* anti maling yang bisa Anda gunakan untuk melacak lokasi ponsel dan laptop yang telah dicuri. **F-Secure Free Anti-Theft for Mobile** *Software* dari F-Secure ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan ponsel Anda yang hilang, dan juga dapat membantu Anda melakukan *lock* dan menghapus data pribadi dari ponsel agar data-data tersebut tidak disalahgunakan oleh si pencuri. Dengan mengirimkan [SMS](http://www.plimbi.com/article/2509/sms-1 "Aplikasi SMS") yang berisi kode tertentu Anda sudah bisa melumpuhkan ponsel tersebut.

*Software* anti maling jenis ini sudah mendukung ponsel keluaran Google, Hp, HTC, Motorola, Samsung, Sony Ericcson, Toshiba yang menggunakan sistem operasi : - Android 1.6, 2.x - Windows Mobile 6 - Windows Mobile 5.0 *Link download* klik [di sini](http://www.f-secure.com/en/web/home_global/protection/anti-theft-for-mobile/download-free "Download Here!") **Adeona Free Anti-Theft for Laptop and Mobile** Selain berfungsi pada laptop, *software* anti maling ini juga merupakan aplikasi untuk melacak lokasi ponsel atau *smartphone* Anda yang dicuri maling.

Install terlebih dulu *software* ini di komputer atau di [*handphone*](http://www.plimbi.com/article/2524/handphone-lokal-1 "Internetan Murah visa Handphone Lokal?") Anda kemudian *software* ini akan bekerja secara otomatis saat laptop dijalankan oleh pencuri. Pelacakan lokasi dilakukan dengan mengirimkan data IP ke server Adeona, sehingga ditemukan keberadaan pencuri tersebut. Kelebihan *software* anti maling ini adalah adanya fitur mengambil foto si pencuri.

Jika laptop Anda sudah dilengkapi dengan kamera pelaku pencurian tersebut dapat terekam gambarnya, lalu menggunakan deteksi wajah dapat diketahui nama akun jejaring sosial atau akun yang lainnya yang memiliki gambar yang sama. Sehingga dengan mudah mengetahui wajah, nama, alamat dan data si pencuri lainnya tanpa harus melapor ke polisi atau dukun. Untuk mengunduhnya, Anda bisa klik [di sini](http://adeona.cs.washington.edu/downloads.html "Download Here!") **LoJack Anti-Theft for Laptop** *Software* anti maling ini didesain untuk melacak lokasi laptop dan pemulihan aplikasi yang ada di laptop Anda. Sebelum laptop Anda dicuri, aktifkan dulu [*software*](http://www.plimbi.com/article/2631/sony-ericsson-x8 "Download Software Update untuk Sony Ericsson X8") anti maling ini.

Dan juga, laptop harus tesambung ke internet sebelum lokasinya dapat diperbarui. Laptop yang dicuri biasanya tidak hanya untuk perangkat kerasnya saja, tetapi juga untuk data yang ada didalamnya, sehingga pencuri cenderung memformat ulang laptop tersebut kemudian menjualnya daripada mendapatkan informasi berharga yang ada di laptop. LoJack adalah *software* pencarian laptop yang popular, tidak hanya sekedar melacak keberadaan laptop Anda melalui GPS / WiFi. Tetapi Anda juga dapat mengapus data Anda dari *hard drive* melalui jarak jauh. Dengan kerjasama produsen laptop besar seperti DELL, HP, Sony, sehingga Anda bisa mendapatkan *software* anti maling ini secara gratis pada tahun pertama untuk setiap pembelian laptop baru dengan *merk-merk* di atas. Anda bisa men-*download*-nya [di sini](http://www.absolute.com/en/lojackforlaptops/install.aspx "Download Here!"). [RK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel