Pilihan untuk Download Software Edit Foto Gratis (Part-1)

29 Nov 2011 17:30 29279 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Photoshop adalah *software* populer yang banyak digunakan untuk meng-*edit* foto. Namun sayangnya *software* ini tidak tersedia secara gratis, Anda harus merogoh kocek sebesar $696 atau Rp 6.507.600 untuk mendapatkan Photoshop CS 5 Retail versi terbaru.

Photoshop adalah software populer yang banyak digunakan untuk meng-edit foto. Namun sayangnya software ini tidak tersedia secara gratis, Anda harus merogoh kocek sebesar $696 atau Rp 6.507.600 untuk mendapatkan Photoshop CS 5 Retail versi terbaru.

Untuk Anda yang merasa keberatan mengeluarkan budget sebesar itu, berikut Plimbi memberikan download software edit foto gratis sebagai alternative pengganti photoshop.

Picasa

Software pertama yang akan Plimbi bahas pada artikel download software edit foto gratis ini adalah Picasa. Software gratisan ini adalah besutan dari mesin pencari nomor satu di dunia, Google. Apabila Anda memiliki akun Google, Anda pasti tidak asing dengan Picasa Web Album, dan software edit foto Picasa ini adalah pelengkap dari Picasa Web Album. Setelah mengedit foto melalui Picasa, selanjutnya Anda bisa upload dan share melalui Picasa Web Album.

Dengan download software edit foto gratis ini, selanjutnya Anda bisa memberi berbagai macam efek, mengatur pencahayaan, memberi watermark, membuat kolase, dan masih banyak pilihan lain yang bisa Anda terapkan pada foto Anda. Upload foto yang sudah Anda edit ke Picasa Web Album, dan selanjutnya Anda bisa share foto tersebut ke berbagai media sosial.

Catatan: biasanya setting default untuk sebuah album di Picasa Web Album adalah "private" atau "Only you." Supaya foto tersebut bisa muncul di situs lain saat Anda melakukan sharing, ubah setting "visibility" album dengan cara pilih album -> pada bagian kanan klik link "Edit" -> pada bagian "Visibility"Â pilih "Public on the web" atau "Limited, anyone with the link."

Spesifikasi: Picasa 3.8 dengan ukuran download file 13.59MB, kompatibel dengan OS Windows (XP/Vista/7), Linux, dan Mac OS X. Anda bisa download software edit foto gratis ini di sini.

Photo! Editor

Software kedua pada artikel download software edit foto gratis ini adalah Photo! Editor. Pada situs resminya, software ini menyatakan memiliki satu set lengkap tool untuk meng-edit dan meningkatkan hasil foto digital.

Dengan download software edit foto gratis ini, Anda bisa meningkatkan warna foto, mempertajam foto buram, menambahkan efek pencahayaan, menghilangkan red eye, meluruskan, memotong dan mengubah ukuran foto.

Photo! Editor memiliki dua fitur yang ditonjolkan, yaitu Denoise dan Make Up. Denoise adalah salah satu tool terbaik di dunia untuk menghilangkan pencahayaan dan warna berlebihan dari hasil foto yang diambil dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Make Up adalah tool yang menawarkan retouching filters lengkap untuk meng-edit foto wajah Anda.

Spesifikasi: Photo! Editor 1.1 dengan ukuran file download 7.78MB, kompatibel dengan OS Windows (2000/XP/Vista/7), prosesor minimal 600 MHz Intel Pentium III atau AthlonXP, RAM minimal 512MB, resolusi layar minimal 800x600 pixels. Anda bisa download software edit foto gratis ini di sini.

Masih ada beberapa software serupa yang berguna untuk meng-edit foto, Plimbi akan memaparkannya pada artikel mendatang. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel