Cara Screenshot Android Tanpa Membutuhkan Aplikasi Tambahan

9 Nov 2011 19:00 16486 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk melakukan screenshot Android, pengguna umumnya akan *download* aplikasi dari pihak ketiga di Android Market. Dan memang pada Android Market aplikasi dengan fungsi tersebut banyak tersedia, seperti Screenshot It, Screenshot yang khusus untuk Android *rooted*, dan lain-lain.

Untuk melakukan screenshot Android, pengguna umumnya akan download aplikasi dari pihak ketiga di Android Market. Dan memang pada Android Market aplikasi dengan fungsi tersebut banyak tersedia, seperti Screenshot It, Screenshot yang khusus untuk Android rooted, dan lain-lain.

Screenshot adalah gambar pada layar Android yang dijadikan image. Jika pada computer PC, Screnshot bisa diambil dengan tombol Prinscreen pada keyboard atau bahkan dengan software khusus untuk menangkap aplikasi yang berjalan di komputer. Biasanya screenshot ini dipakai untuk memudahkan pemahaman kita pada artikel tentang software.

Namun tahukah Anda bahwa pada OS Android memiliki fitur "tersembunyi" yang sebenarnya mampu untuk melakukan screenshot Android tanpa tambahan aplikasi dari pihak ketiga. OS Android Froyo yang menjadi fokus dari pembahasan artikel ini, sementara OS Android versi lain belum Paseban coba apakah memiliki kemampuan dan shortcut yang sama. Berikut ini adalah cara screenshot Android yang Paseban maksud.

Untuk melakukan screenshot pada gadget ber-OS Android Froyo, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Pilih tampilan layar Android yang ingin Anda capture.

  • Tap dan tahan tombol "Back," kemudian klik tombol "Home".

Tanda apakah screenshot berhasil berbeda-beda tergantung pada gadget, bisa berupa nada getar bisa berupa suara "klik" kamera. Selanjutnya folder bernama "Screencapture" akan secara otomatis tercipta, dan gambar hasil capture akan tersimpan disana. Simple as that!

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel