Waspadalah akan Kelemahan Koneksi Bluetooth yang Rentan Virus

8 Nov 2011 09:00 5819 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ternyata data dari koneksi Bluetooth rentan terhadap intersepsi bersama dengan data lain yang dikirim pada daya rendah gelombang radio. Selain resiko orang lain dapat menerima informasi sensitif Anda, mereka juga dapat mengirimkan *file* atau virus yang tentunya Anda benar-benar tidak tertarik sama sekali.

Dibalik kelebihan Bluetooth yang otomatis dan wireless, koneksi Bluetooth nyatanya tetap memiliki kelemahan, apakah itu? Simak artikel Plimbi kali ini untuk mengetahuinya.

Ternyata data dari koneksi Bluetooth rentan terhadap intersepsi bersama dengan data lain yang dikirim pada daya rendah gelombang radio. Selain resiko orang lain dapat menerima informasi sensitif Anda, mereka juga dapat mengirimkan file atau virus yang tentunya Anda benar-benar tidak tertarik sama sekali.

Fitur security atau keamanan yang berbeda dapat dibangun ke perangkat Bluetooth ini, di mana ia sebagian besar dapat memiliki kemampuan untuk bertukar data dengan "perangkat terpercaya" tanpa harus meminta izin. Ketika terdapat gadget yang diketahui mencoba untuk menyambung ke gadget Anda, maka Anda dapat memutuskan apakah akan membolehkan atau menolak akses dari koneksi Bluetooth tersebut. Beberapa langkah-langkah keamanan yang dapat digunakan adalah otorisasi dan prosedur identifikasi, yang memerlukan kepekaan Anda untuk secara sadar memutuskan apakah akan membuka file dan menerima data yang ditawarkan ataukah tidak. Selain itu, mungkin Anda dapat memilih untuk mengaktifkan modus Bluetooth untuk "non-discoverable" sehingga gadget lain dengan koneksi Bluetooth tidak dapat menemukan Anda.

Terdapat beberapa masalah security Bluetooth di antaranya adalah Bluebugging. Bluebugging adalah masalah dimana hacker dapat menggunakan telepon Bluetooth milik orang lain untuk menempatkan panggilan dan mengirim pesan teks tanpa disadari oleh pemiliknya. Selain Bluebugging terdapat pula Bluejacking. Seperti yang pernah Plimbi bahas sebelumnya Bluejacking adalah pengiriman pesan teks ke pengguna lain Bluetooth terdekat yang kemudian menambahkan pengirim ke buku alamat mereka sebagai kontak. Kontak ini kemudian dapat mengirimkan lainnya. Bluejacking biasanya hanya digunakan untuk hal yang bersifat lelucon.

Namun bila digunakan secara tidak etis, ia bisa mengirimkan pesan atau komentar berbahaya yang bisa dibuka secara otomatis, karena mereka sedang dikirim dari sebuah kontak yang sudah diterima. Meskipun produsen gadget Bluetooth mencoba untuk bersaing dengan masalah teknologi dan menawarkan update firmware untuk memecahkan masalah, mereka kadang-kadang berada satu atau dua langkah di belakang hacker. Jadi untuk pengguna Bluetooth, waspadalah! [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel