Setting GPRS Indosat via SMS dan Manual

25 Oct 2011 09:00 12790 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika sebelumnya Plimbi membahsa cara setting GPRS untuk operator lain, kini tiba Plimbi membahas cara setting GPRS Indosat. Cara setting GPRS ini bisa Anda terapkan langsung di ponsel yang mumpuni untuk jairngan GPRS.

Setelah Plimbi membahas bagaimana cara setting MMS Simpati Telkomsel, maka pada artikel ini Paseban akan membahas bagaimana cara setting MMS Indosat. Seperti yang kita tahu, Indosat sebagai salah satu jaringan terbesar dan terluas di Indonesia memiliki berbagai layanan. Dengan mengeluarkan 2 kartu prabayar dan 1 kartu pascabayar, Indosat mencoba untuk menjangkau semua kalangan dari berbagai background yang berbeda.

Dengan Indosat, Anda bisa menelepon dan berkirim pesan kepada keluarga dan teman Anda. Bagi Anda yang suka berbagi pesan dengan gambar, video dan audio maka layanan MMS adalah yang terbaik bagi Anda. MMS (Multimedia Message Service) adalah sebuah layanan pesan multimedia yang memungkinkan Anda untuk berkirim pesan multimedia baik berupa teks, gambar, ataupun suara melalui ponsel Anda. Pada artikel ini, Plimbi akan bahas bagaimana cara setting MMS Indosat.

Sebelum menggunakan layanan MMS, Anda harus memastikan pengaturan MMS dan GPRS Anda telah diaktivasi dengan benar. Sebelum men-setting MMS Indosat, Anda harus mengaktifkan layanan GPRS dengan cara mengetikkan GPRS tipe ponsel Anda dan kirim ke 3000. Misalnya "GPRS Samsung E770". SMS ini bebas biaya. Selanjutnya Anda akan mendapat SMS balasan yang memberitahukan bahwa aktivasi GPRS telah berhasil dilakukan.

Setelah GPRS diaktifkan, kini Anda harus mengaktivasi setting MMS Indosat di ponsel Anda. Untuk melakukan setting MMS melalui SMS dengan cara mengetik pesan dengan format "MMS jenis ponsel tipe ponsel" dan kirim ke 3000. Contohnya: MMS Samsung E770. Selanjutnya Anda akan mendapat sms balasan yang akan memberitahukan apakah setting MMS Indosat di ponsel Anda telah berhasil dilakukan.

Bila aktivasi melalui SMS belum berhasil dilakukan, maka Anda tidak perlu khawatir. Setting MMS Indosat bisa dilakukan secara manual. Adapun parameter yang harus dilakukan untuk men-setting MMS di ponsel Anda adalah dengan memilih menu Connection Setting.

Pada kolom Connection Name, ketiklah "INDOSATMMS". Selanjutnya pada kolom Data Bearer isikanlah "PACKET DATA" dan isi pula kolom APN dengan "INDOSAT MMS". Langkah berikutnya adalah mengisikan kolom Username dan Password dengan "INDOSAT" dan gunakan "NO" pada kolom Prompt Password.

Tiga Langkah terakhir untuk setting MMS Indosat yaitu mengisikan Homepage dengan "http://mmsc.indosat.com", mengisi kolom Proxy Server Address/IP dengan "10.19.19.19" dan kolom Proxy Port Number dengan angka "8080". Kini Anda telah selesai melakukkan setting MMS Indosat secara manual. Tarif MMS yang diberlakukan oleh Indosat adalah Rp.350/50 kb diluar PPn.

Untuk cara setting operator lain, seperti XL, Axis dan Three, Plimbi akan membahasnya pada artikel berikutnya. [EK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel