Mengenal Cloud Storage, Media Penyimpanan Online

7 Oct 2011 16:00 12469 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Semakin lama semakin banyak data yang kita peroleh. Semakin banyak data yang kita peroleh, semakin banyak juga ruang penyimpanan yang kita butuhkan. Itulah yang menjadi persoalan pengguna *tablet*, komputer dan internet.

Semakin lama semakin banyak data yang kita peroleh. Semakin banyak data yang kita peroleh, semakin banyak juga ruang penyimpanan yang kita butuhkan. Itulah yang menjadi persoalan pengguna tablet, komputer dan internet.

Sebagian orang menyimpan data dengan menggunakan hard drives yang besar pada komputernya, sebagian lagi memilih untuk menyimpannya ke dalam CD atau flash disk, sebagian lagi malah memilih menghapus file-file yang lama agar dapat menyimpan file baru. Tapi, seiring dengan perkembangan teknologi, banyak orang beralih ke penyimpanan file masa kini, Cloud Storage.

Apa itu Cloud Storage? Mendengar kata Cloud Storage pada kali pertama, mungkin Anda akan langsung berpikir bahwa Cloud Storage berhubungan dengan cuaca. Tapi sebenarnya, Cloud Storage adalah media penyimpanan online, di mana Anda dapat menyimpan data pada server virtual yang tersedia. Dengan adanya Cloud Storage, Anda tidak perlu lagi menyimpan data Anda pada hard drive, CD, ataupun hardware lainnya. Anda tinggal menyimpan data Anda pada remote database yang disediakan oleh pihak ketiga, untuk mengaksesnya Anda hanya memerlukan koneksi internet.

Menggunakan Cloud Storage sebagai media penyimpanan data akan memberikan Anda beberapa keuntungan, di antaranya :

  • Anda dapat mengakses data Anda yang tersimpan pada Cloud Storage dari manapun dan kapanpun, selama ada koneksi internet.

  • Anda tidak perlu repot-repot membawa banyak CD atau membawa hard disk eksternal, karena data Anda tersimpan pada database virtual.

  • Jika diperlukan, Anda dapat berbagi data Anda yang tersimpan pada Cloud Storage dengan mudah.

Namun, disamping keuntungan yang bisa didapatkan, Cloud Storage juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan yang paling utama terletak pada hal keamanan. Untuk menyimpan data Anda pada Cloud Storage ini tentunya Anda diharuskan membuat sebuah akun. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika Anda tidak berhati-hati, sehingga besar kemungkinan akun Anda dapat dibuka oleh orang lain. Kelemahan lain adalah gangguan yang terjadi pada saat mengakses data Anda pada Cloud Storage, hal ini dapat disebabkan oleh koneksi internet yang bermasalah atau server yang sedang down. Yang terakhir, untuk mengakses data Anda pada Cloud Storage diperlukan koneksi internet, sehingga tanpa koneksi internet Anda tidak dapat mengakses data Anda.

Sampat saat ini terdapat beberapa provider yang menyediakan layanan Cloud Storage yang mungkin familiar di telinga Anda, namun Anda tidak menyadari kalau layanan yang mereka berikan itu merupakan layanan Cloud Storage. Beberapa diantaranya adalah Evernote, Google Docs, Flickr dan Picasa, RapidShare, 4Shared, dan masih banyak lagi. Pastinya Anda pernah menggunakan salah satunya kan?

Itulah pembahasan sekilas dari Plimbi tentang Cloud Storage. Untuk pembahasan lebih dalam mengenai Cloud Storage ini nantikan pembahasan Paseban selanjutnya. QR

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel