Blood for Life Indonesia - Wujud Kepedulian Sesama

7 Oct 2011 15:00 4393 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Blood for life merupakan gerakan sosial yang diprakarsai oleh Valensia Mieke Randa. Perempuan yang kerap dipanggil dengan nama Silly ini tergerak hatinya ketika saat ia mendengar berita di mana seorang ibu yang membutuhkan donor darah namun akhirnya meninggal dunia karena tidak mendapatkan pendonor secara cepat.

Blood for Life merupakan gerakan sosial yang diprakarsai oleh Valensia Mieke Randa. Perempuan yang kerap dipanggil dengan nama Silly ini tergerak hatinya ketika saat ia mendengar berita di mana seorang ibu yang membutuhkan donor darah namun akhirnya meninggal dunia karena tidak mendapatkan pendonor secara cepat.

Padahal ia yakin banyak orang-orang di luar sana yang dengan sukarela akan mendonorkan darahnya namun tidak tahu harus ke mana dan di mana untuk melakukan donor darah. Sedangkan dia sendiri tidak bisa membantu ibu tersebut dikarenakan penyakit yang diidapnya tidak memungkinkan untuk melakukan donor darah.

Hingga akhirnya pada bulan Maret 2009, beberapa saat sebelum Peristiwa Bencana Situ Gintung melanda Jakarta, Blood for Life resmi didirikan. Awalnya Blood for Life ini berupa mailing list, yang ketika terbentuk pertama kali, terdiri dari 44 orang. Selain milis, Blood for Life juga memanfaatkan blog dan jejaring sosial. Atas gerakannya di dunia maya ini Blood for Life juga telah terpilih sebagai Google Chrome Web Heroes.

Blood for Life tidak melibatkan biaya apapun disini. Ini murni non-profit movement. Jika ada kebutuhan atau RS yang membutuhkan bantuan tambahan donor darah, biasanya si penghubung akan mengirimkan email ke milis atau jejaring sosial yang berisi permohonan untuk bantuan donor, dan rhesusnya, serta di RS mana donor darah itu akan dilaksanakan. Turut dilampirkan pula nomer ponsel yang bisa dihubungi sewaktu-waktu sehingga dapat ditindaklanjuti oleh moderator.

Kini anggota Blood for Life sudah menembus angka ribuan. Setiap anggota yang bergabung, secara sadar dan sukarela, bersedia untuk dihubungi oleh siapapun yang membutuhkan bantuan darah, jika kebutuhan darahnya sudah tidak dapat dipenuhi oleh PMI. Selain PMI ada RSUD Sardjito Yogyakarta dan RS Kanker Dharmais juga rutin menjalin kerja sama dengan Blood for Life guna mendapatkan donor darah bagi pasien mereka.

Intinya Blood for Life disini membantu menjadi jembatan bagi pihak yang membutuhkan bantuan donor darah dan pihak pendonor.

Siapapun yang ingin menjadi anggota, silahkan akses situsnya di http://www.blood4lifeid.com atau langsung bergabung dengan milis Blood for Life di sini. ND

Tags Ulasan

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel