ePrint Free - Print Dokumen atau Foto Melalui iPhone

26 Aug 2011 09:46 5540 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Produk smartphone saat ini didesain dengan konsep sebuah komputer genggam, oleh karena itu smartphone memiliki hampir semua kemampuan yang dimiliki laptop atau PC, termasuk dalam hal print dokumen atau foto.

Produk smartphone saat ini didesain dengan konsep sebuah komputer genggam, oleh karena itu smartphone memiliki hampir semua kemampuan yang dimiliki laptop atau PC, termasuk dalam hal print dokumen atau foto.

iPhone belum memiliki aplikasi bawaan untuk melakukan print langsung dari perangkat, tetapi para pengembang aplikasi pihak ketiga telah menciptakan aplikasi tambahan bagi iPhone untuk fungsi tersebut. Pada kesempatan ini, Paseban akan memberikan langkah untuk print dokumen dan foto langsung dari iPhone Anda.

Untuk perangkat iPhone (3G, 3GS, atau 4), Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama ePrint Free. Pada saat meng-install aplikasi ini pada iPhone, Anda akan membutuhkan komputer dan iTunes ter-install. Tetapi setelah ePrint Free telah ter-install pada iPhone, Anda tidak akan membutuhkan sebuah komputer lagi karena aplikasi akan berkomunikasi langsung dengan printer Anda melalui jaringan WiFi.

Langkah-langkah instalasi dan setting ePrint Free:

  1. Buka iTunes, dan pada Apple Store cari ePrint Free. Klik tombol "Free" untuk download aplikasi.

  2. Koneksikan iPhone Anda pada komputer menggunakan kabel USB.

  3. Setelah download ePrint Free selesai, klik "Sync in iTunes" untuk install aplikasi pada iPhone Anda.

  4. Pastikan iPhone Anda berada pada jaringan WiFi yang sama dengan printer.

  5. Buka ePrint Free pada iPhone Anda.

  6. Pilih "Add a Printer" dan masukkan IP address printer yang akan digunakan. Apabila Anda tidak tahu IP address printer Anda, akses "Printer and Faxes" pada "control panel"  Windows, klik kanan "network printer", dan klik "Properties". IP address printer akan berada di dalam list "Ports tab".

  7. Setelah menginput IP address, pilih ukuran kertas yang Anda gunakan. Lalu pilih "default type"Â, apakah "Sheet" untuk foto atau "List" untuk teks.

  8. Selanjutnya, dari halaman utama aplikasi ePrint Free Anda bisa memilih apa yang ingin Anda print.

  9. Setelah memilih, maka klik perintah print dan hasil print foto atau teks akan keluar dari mesin printer Anda. Kualitas dari hasil print bukan tergantung dari iPhone saja, namun mesin printer dan bagaimana Anda men-setting dokumen atau foto tersebut

  10. Selamat Mencoba! RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel