Cara Kerja Ingatan di Era Google

3 Sep 2011 14:00 4950 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Keberadaan mesin pencari internet seperti Google atau Yahoo telah mengubah cara otak manusia dalam mengingat informasi. Seperti apa perubahan itu? Simak rangkuman dari Paseban dalam artikel ini.

Keberadaan mesin pencari internet seperti Google atau Yahoo telah mengubah cara otak manusia dalam mengingat informasi. Hal itu terungkap dalam penelitian Betsy Sparrow, seorang psikolog dari Universitas Columbia yang dimuat oleh Majalah Science belum lama ini. Penelitian Sparrow tersebut berjudul, 'Efek Google pada Memori: Konsekuensi Kognitif Memperoleh Informasi Lewat Ujung Jari.'

Menurut Sparrow, mesin pencari internet telah mereorganisasi cara kita dalam mengingat segala sesuatu. "Otak tergantung pada internet untuk memori dalam banyak cara seperti ketergantungan pada memori teman, keluarga atau rekan kerja," katanya. Alhasil, lanjutnya, "orang menjadi lebih tahu tentang asal informasi ketimbang isi informasi itu sendiri."

Penelitian yang dilakukan bersama Jenny Liu dari University of Wisconsin-Madison serta Daniel M. Wegner dari Harvard University itu juga mengungkapkan, manusia era Google cenderung melupakan hal-hal yang diyakininya dapat ditemukan di Internet dan cenderung mengingat hal yang tidak tersedia secara online. Oleh karena itu, kata Sparrow, Internet telah menjadi bentuk utama dari apa yang disebut psikolog sebagai memori yang bersifat transaksi alias ingatan di luar kita tetapi tidak bisa kita tahu kapan dan bagaimana cara mengaksesnya.

Sparrow memperkirakan, pemahaman tentang cara kerja ingatan dengan akibat keberadaan mesin pencari berpotensi untuk mengubah pengajaran dan pembelajaran di segala bidang. "Mereka yang mengajar, yang kuliah, dokter atau pemimpin bisnis, jadi semakin fokus pada upaya penyampaian pemahaman, dan tak lagi terfokus pada menghafal," katanya.

Tags Ulasan Bisnis

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel