Jadikan Desain Situs Bisnis Online Menjadi Menarik

4 Sep 2011 14:20 6445 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

"Don't judge book by its cover", begitulah catatan banyak orang mengenai kesan pertama. Untuk Anda pemilik bisnis online, book cover Anda adalah homepage situs produk Anda. Simak Tips dari Paseban untuk memberikan "kesan pertama" kepada pengunjung toko maya Anda.

"Don't judge book by its cover", begitulah catatan banyak orang mengenai kesan pertama. Untuk Anda pemilik bisnis online, book cover Anda adalah homepage situs produk Anda. Homepage memberikan kesan pertama kepada pengunjung toko maya Anda. Karena pentingnya suatu homepage, berikut Plimbi hadirkan 7 tips untuk desain homepage situs bisnis online Anda agar lebih menarik.

Keep it simple

Situs bisnis online berskala besar umumnya memiliki homepage dengan tampilan yang penuh dan banyak, mulai dari informasi, link navigasi, hingga berbagai iklan. Mereka berani melakukan hal ini karena salah satunya mereka telah memiliki pengunjung tetap yang rela untuk mengakses informasi yang dia cari disela-sela 'ramainya' konten. Dua, mereka mampu menyewa seorang designer untuk mempertahankan nilai keindahan dengan berbagai macam konten yang ditampilkan pada homepage.

Oleh karena itu, jika Anda seorang pelaku bisnis online berskala kecil yang umumnya mengerjakan semuanya sendiri, jangan mengambil inspirasi desain homepage dari situs bisnis berskala besar. Untuk homepage situs bisnis berskala kecil atau pemula, sebaiknya menggunakan konsep "keep it simple". Sebaiknya, homepage situs Anda hanyalah berisi informasi produk atau layanan yang Anda sediakan, dan link navigasi untuk mengakses bagian lain dari halaman situs Anda. Jangan membingungkan pengunjung dengan menampilkan berbagai macam konten di homepage.

Healthy-sized scrollbar

Anda pasti pernah mengakses homepage suatu blog yang menampilkan hampir semua posting blog tersebut pada homepage, hal ini mengakibatkan pengunjung harus menunggu proses loading halaman web terlalu lama dan harus banyak melakukan scroll halaman untuk mengetahui isi dari seluruh homepage. Hal ini akan sangat buruk untuk suatu kesan pertama. Sebaiknya situs bisnis online berskala kecil atau pemula memiliki homepage yang cukup pada satu layar komputer, sementara konten penting lain seperti berbagai macam produk atau layanan yang Anda sediakan Anda pangkas menjadi bentuk link dengan judul yang jelas.

Display the right link

Standar suatu link pada homepage biasanya berisi about, product, news, dan help. Sebaiknya, Anda tetap mengikuti standar yang sudah umum dimengerti oleh banyak pengguna dan menambahkan link penting secukupnya.

Product Photographic

Menampilkan foto terbaik akan produk atau layanan Anda bisa menjadi alternatif yang menarik bagi homepage situs Anda. Contoh yang bagus dapat ditemukan pada beberapa situs yang menampilkan satu layer berisi berbagai macam foto yang bisa digeser, dan foto-foto tersebut juga bisa menjadi image link.

Up-to-date

Produk terbaru, program promo terbaru, diskon terbaru, dan informasi terbaru lain akan sangat tepat berada di homepage Anda. Tetapi, Anda harus ingat untuk selalu memberikan informasi yang up-to-date. Paseban sering menemukan situs yang kurang up-to-date dalam hal informasi seperti ini, bahkan pada situs bisnis berskala besar. Contoh, Iklan di media memberitakan suatu program promo terbaru, namun saat mengakses situs untuk mengetahui lebih detail, informasi program promo tersebut belum tersedia di situs.

Memanfaatkan widget situs jejaring sosial

Hampir semua situs jejaring sosial menyediakan widget untuk dipasang pada situs lain, hal ini bisa membantu update informasi tentang produk atau layanan Anda. Contoh, Anda bisa memasang widget yang menampilkan tweet komentar terbaru mengenai produk atau layanan Anda, menampilkan berapa banyak pengikut, fans, atau like yang Anda dapatkan pada situs jejaring sosial.

Interactive content

Menyediakan ruang kecil untuk menaruh konten yang memungkinkan pengguna berinteraksi langsung akan sangat bagus untuk homepage situs bisnis online berskala kecil atau pemula. Konten interaktif berupa flash berisi permainan sederhana atau hanya sekedar polling dapat Anda sematkan pada homepage. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel