Cara Download Google Maps di Android untuk Digunakan Offline

27 Jul 2011 15:35 45935 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Update terbaru Google Maps terdapat tambahan satu fitur berguna yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna, kemampuan untuk menampilkan peta dalam kondisi *offline* atau tanpa adanya koneksi internet.

Update terbaru Google Maps terdapat tambahan satu fitur berguna yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna, kemampuan untuk menampilkan peta dalam kondisi offline atau tanpa adanya koneksi internet.

Google Maps sangat berguna sebagai petunjuk jalan dengan peta penunjuk jalan yang paling lengkap untuk wilayah Indonesia, ditambah dengan fitur "Satellite" dengan tampilan berupa foto dari satelit luar angkasa menjadi keunggulan Google Maps yang belum dimiliki oleh aplikasi peta navigasi lain. Namun ketergantungannya akan koneksi internet menjadi kendala nomor satu.

Contoh, pengguna dalam kondisi berada di daerah "antah-berantah" yang pada umumnya jaringan internet susah untuk didapatkan. Ironisnya, justru pada kondisi seperti inilah peta navigasi seperti Google Maps sangat diperlukan.

Kendala nomor satu ini telah diatasi oleh tim pengembang Google Maps pada update versi 5.7.0. Update terbaru ini memungkinkan pengguna untuk memilih suatu wilayah pada Google Maps dan menyimpan peta wilayah tersebut hingga radius 10 mil. Sehingga pada saat diperlukan, pengguna bisa mengakses peta tersebut tanpa membutuhkan dukungan koneksi internet.

Untuk menggunakan fitur ini, hal pertama yang harus pengguna lakukan adalah masuk ke Menu -> More -> Labs, kemudian aktifkan pilihan "Download map area". Setelah fitur ini aktif dengan tanda centang hijau telah muncul disamping tulisan "Download map area"Â, selanjutnya penyimpanan peta bisa dilakukan.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyimpan peta cukup mudah dan sederhana. Berikut langkah-langkah tersebut:

  • Pada tampilan peta, pilih lokasi yang ingin Anda simpan. Kemudian tekan dan tahan lokasi tersebut.

  • Selanjutnya tooltip/bubble berisi alamat lokasi yang Anda pilih akan muncul, tekan tooltip/bubble tersebut.

  • Selanjutnya Anda akan diarahkan ke tampilan lain yang berisi alamat lengkap dan beberapa pilihan, pilih "Download map area"Â yang berada di pilihan paling bawah.

  • Alternatif lain adalah menggunakan fitur "Search". Pilih "Search Maps" yang ada di tampilan paling atas, kemudian ketik nama lokasi yang Anda cari. Setelah lokasi ditemukan, akan muncul tooltip/bubble lokasi tersebut, tekan kemudian pilih "Download map area".

Untuk mencari peta lokasi yang telah Anda simpan pilih Menu -> More -> Cache Setting, kemudian pilih "Downloaded map areas". Sayangnya untuk sementara ini, peta yang tersimpan belum dalam bentuk tampilan "Satellite". That's it! RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel