Mengenal apa itu Laragon dan Fitur yang dimilikinya

21 Jun 2024 13:20 234 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Laragon hadir sebagai aplikasi yang dibuat untuk memudahkan para pengembang aplikasi dan web untuk pembuatan yang lebih mudah.

Laragon adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk digunakan membuat website atau aplikasi dari localhost. Cara kerja Laragon sendiri hampir mirip dengan XAMPP. Laragon memiliki fitur dan manfaat yang lebih unggul dari XAMPP.

Banyak dari programmer yang biasa membuat website atau aplikasi itu di local server terlebih dahulu. Setelah website atau aplikasinya itu dibuat, file yang baru itu di upload ke server atau yang bisa disebut dengan hosting, hingga bisa diakses oleh internet nantinya.

Mempersiapkan local server adalah hal utama yang harus dilakukan untuk membuat website atau aplikasi. Apllikasi yang biasa digunakan oleh para pengembang biasanya menggunakan XAMPP.

Laragon ini hadir sebagai alternatif lain untuk membuat local server selain XAMPP, dan bisa jadi yang lebih baik. Laragon bisa menjadi pilihan kalian karena fiturnya sangat lengkap dan juga ringan.

 

Apa Itu Laragon

Laragon, apllikasi yang digunakan untuk membuat website atau aplikasi di local server. Laragon memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi lain dan mudah digunakan oleh kalian, karena menggunakan tampilan GUI

Dengan Laragon, kalian dapat membuat aplikasi menggunakan Git, dan menggunakan PHPMyAdmin untuk pengelolaan database nya. Aplikasi yang berbasis Node.js/MongoDB, Python, Java atau Go. Laragon hadir dengan mendukung aplikasi yang berbasis tersebut.

Laragon menarik digunakan karena dapat digunakan diberbagai macam OS seperti, Windows, Linux, dan macOS.

 

Fungsi Laragon

Laragon mempunyai fungsi untuk menjadi tool pengembangan aplikasi atau pun web  di dalam local server. Untuk PHP, MySQL dan web server yang kalian butuhkan, kalian tidak perlu untuk repot install secara manual, karena dengan Laragon kalian sudah bisa menggunakannya.

Laragon sudah mengatur semuanya, itu kenapa kalian tidak perlu melakukan hal – hal seperti tadi. Dan kalian hanya perlu konsentrasi dan fokus pada proses pengembangan dari aplikasi atau web yang dibuat saja.

Beberapa fungsi dari Laragon:

  • Pembuatan atau Pengembangan Aplikasi di Lokal Server

Install web server pada komputer kalian sebelum kalian akan membuat aplikasi atau web local. Laragon sudah menyediakan Apache dan Nginx untuk kalian pilih sesuai kebutuhan.

  • PHP dan MySQL

Jika kalian sudah memiliki web werver, kalian diharuskan menginstall PHP dan MySQL untuk engine database. Tetapi kalian tidak harus repot – repot memikirkan itu karena Laragon sudah menyediakan semuanya.

  • Terminal

Setelah aplikasi atau web nya selesai dibuat, kalian butuh melakukan yang Namanya debugging atau menjalankan aplikasinya. Dan yang kalian butuhkan adalah terminal, dan Laragon juga sudah menyediakannya sehingga kalian dapat langsung melakukan eksekusi untuk debugging.

Jadi, dengan adanya Laragon, tidak usah kalian melakukan installasi secara manual, karena apa yang kalian butuhkan, cukup dengan Laragon kalian sudah siap untuk membuat aplikasi atau web.

Fitur Laragon

  • Web Server

Dalam pembuatan aplikasi atau web, web server yang biasa digunakan adalah Apache dan Nginx. Seperti yang sudah dikatakan, bahawa Laragon sudah menydiakan keduanya dan kalian sudah bisa langsung menggunakannya.

  • Support FrameWork PHP dan Framework JavaScript

Dengan Laragon, tidak hanya Bahasa pemrograman PHP saja yang bisa kalian kerjakan, tetapi kalian juga dapat menggunakan Bahasa pemrograman JavaScript untuk pembuatan web dan aplikasi.

  • PHP Switcher

Dalam pengembangan aplikasi, kalian perlu menysesuaikan versi PHP nya. Laragon juga memiliki fitur yang Dimana dapat mengubah versi PHP dengan sangat mudah dengan fitur PHP switcher

  • Database Management

Untuk pengelolaan database, kalian dapat menggunakan MySQL atau pun MariaDB di Laragon dan juga sudah disertakan dengan PHPMyAdmin.

  • SSL Support

SSL adalah fitur untuk keamanan dan ranking pada pencarian website di Google yang sangat penting. SSL adalah fasilitas yang ada pada Laragon untuk memastikan website yang kalian buat yang menggunakan HHTPS.

Dengan adanya fitur – fitur ini, Laragon menjadi salah satu pilihan terbaik untuk tool yang digunakan dalam pengembangan aplikasi atau web pada local server sebelum akan diunggah ke internet nantinya.

 

Kesimpulan

Laragon hadir sebagai aplikasi yang dibuat untuk memudahkan para pengembang aplikasi dan web untuk pembuatan yang lebih mudah.

Tags Teknologi

About The Author

Arya Putra Kusumah 12
Novice

Arya Putra Kusumah

Hobi bermain game dan olahraga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel