Bahasa Pemrograman yang Biasa Digunakan untuk Pengembangan Game Dev

20 Jun 2024 16:25 171 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berbagai macam Bahasa pemrograman dan berbeda – beda dengan Tingkat kesulitan yang beragam, mulai dari Tingkat rendah sampai Tingkat tinggi. Dengan bermacam – macam nya Tingkat kesulitan untuk Bahasa pemrograman, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda juga. Digunakan untuk tujuan dan pengembangan yang berbeda beda.

4 Bahasa Pemrograman Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Game

Berbagai macam Bahasa pemrograman dan berbeda – beda dengan Tingkat kesulitan yang beragam, mulai dari Tingkat rendah sampai Tingkat tinggi. Dengan bermacam – macam nya Tingkat kesulitan untuk Bahasa pemrograman, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda juga. Digunakan untuk tujuan dan pengembangan yang berbeda beda.

Dibawah ini adalah berbagai macam Bahasa pemrograman yang digunakan utnuk pengembangan game:

  1. Bahasa Pemrograman C#

Bahasa pemrograman C# menjadi salah satu yang termasuk kedalam Bahasa pemrograman dengan Tingkat kesulitan yang tinggi dan Bahasa pemrograman ini kembangkan oleh Microsotf di tahun 2000 sebagai bagian dari .Net Framework. Bahasa pemrograman C# sendiri diracang untuk penggabungan dari Bahasa pemrograman C++ dan Visual Basic,yang bertujuan untuk membuat Bahasa pemrograman yang lebih modern dan dapat mudah dipelajari.

Selain itu juga, Bahasa pemrograman C# ini digunakan untuk membuat aplikasi Windows, web, mobile dan aplikasi game. Dengan menggunakan konsep pemrograman berorientasi obejk, C# ini memungkinkan programmer atau developer membuat kode yang mudah dipelihara dan bisa digunakan ulang.

Bahasa pemrograman C# memiliki kelebihan salah satunya yaitu integrasi dengan platform Windows dan Visual Studio. Dengan adanya itu, mempermudah kalian untuk pembuatan aplikasi Windows dengan user interface yang menarik.

C# adalah salah satu Bahasa pemrograman yang sering sekali dipakai oleh para developer atau programmer pembuat game. Type game yang dikembangkan dengan Bahasa pemrograman C# yang digunakan dalam engine game Unity salah satunya adalah type game AAA. Sering juga digunakan untuk pengembangan aplikasi web menggunakan teknologi ASP.NET.

  1. Bahasa Pemrograman Java

Bahasa Pemrograman Java adalah yang berikutnya setelah C# menjadi Bahasa pemrograman yang meiliki Tingkat kesulitan tinggi dan platform-independent yang dikembangkan oleh James Gosling di tahun 1995. Bahasa pemrograman Java ini juga dirancang untuk nantinya digunakan kedalam aplikasi desktop, web, mobile dan juga game.

Kelebihan yang ada pada Bahasa pemrograman Java salah satunya yaitu adalah portabilitasnya, program yang dibuat di dalam Bahasa Java dapat dijalankan di berbagai macam platform seperti, Linux, macOS, Windows, juga mobile. Penggunaan JVM (Java Virtual Machine) menyebabkan adanya hal tersebut dan memungkinkan kode yang dijalankan di berbagai platform tidak perlu melakukan perubahan di kode sumber.

Dengan konsep pemrograman berorientasi objek, Bahasa pemrograman Java dapat memudahkan para developer untuk membuat kode menjadi lebih mudah dipelihara dan digunakan ulang. Fitur – fitur Java seperti garbage collection, exception handling, multithreading yang membuat para developer menjadi mudah untuk mengembangkan apllikasi.

  1. Bahasa Pemrograman Python

Python juga adalah Bahasa pemrograman yang termasuk ke dalam Bahasa pemrograman Tingkat tinggi dan sangat populer di kalangan para developer. Python dirancang untuk programmer pemula dapat mudah mempelajari dan mudah dipahami, dan memang terbukti bahwa Bahasa pemrograman Python menjadi Bahasa pemrograman yang pertama kali dipelajari oleh programmer pemula

Berikut keunggulan dari Bahasa pemrograman Python:

  • Mudah dipelajari. Bahasa pemrograman ini dirancang sangat baik untuk mudah dipelajari bagi pemula.
  • Sintaks yang mudah dibaca. Menggunakan indentasi supaya program yang dibuat terlihat rapi dan mudah dibaca
  • Open-source. Bahasa pemrograman Python salah satu Bahasa pemrograman yang open-source, yang berarti dapat diakses dan dapat dimodifikasi oleh siapa pun.
  1. Bahasa Pemrograman JavaScript

Bahasa pemrograman JavaScript adalah Bahasa pemrograman yang sangat banyak digunakan untuk pengembangan web. Interaksi yang dilakukan oleh user dengan web yang di kunjungi dibuat dengan menggunakan Bahasa pemrograman JavaScript.

Berikut keunggulan dari Bahasa pemrograman [removed]

  • Sintaks yang mudah dipelajari. Bahasa pemrograman JavaScript memiliki sintaks yang mirip seperti Bahasa pemrograman C. Jadi, bagi programmer yang sudah biasa menggunakan Bahasa pemrograman C atau Bahasa serupa lainnya dapat menggunakan JavaScript lebih mudah.
  • OOP (Object Oriented Programming. Bahasa pemrograman JavaScript mendukung OOP (Object Oriented Programming), yang dapat dimanfaatkan oleh para pengembang untuk memecah program menjadi objek – objek kecil yang terorganisir dan mudah dimengerti.
  • Memiliki banyak Pustaka

Bahasa pemrograman JavaScript memiliki library dan framework yang begitu banyak seperti, React.Js, Vue.Js, Angular.Js dan lain lain yang membuat para pengembang menjadi mudah untuk membuat web, apliasi dan game.

Tags

About The Author

Arya Putra Kusumah 13
Novice

Arya Putra Kusumah

Hobi bermain game dan olahraga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel