Ketahui 4 Perbedaan Antara Kebaya Jawa Pola Tradisional dan Kebaya Modern yang Keduanya Semakin Digemari Saat Ini

3 Jul 2024 16:09 159 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ketahui 4 Perbedaan Antara Kebaya Jawa Pola Tradisional Dan Kebaya Modern Yang Keduanya Semakin Digemari Saat Ini

Kebaya Jawa adalah salah satu jenis busana yang keberadaannya memiliki catatan sejarah yang cukup panjang dan menjadi salah satu simbol keindahan berpadu dengan keanggunan dalam budaya Jawa. Awalnya, kebaya merupakan pakaian yang digunakan oleh kaum bangsawan Jawa pada masa-masa kejayaan Kerajaan Mataram di abad ke-17. Kebaya ini terbuat dari bahan sutra lalu diberi hiasan berupa sulam benang emas. Pada masa ini kebaya hanya dikenakan oleh kalangan istana dan kaum bangsawan saja. Meskipun demikian, seiring dengan berjalannya waktu, kebaya Jawa menjadi semakin populer dan digunakan oleh masyarakat Jawa secara keseluruhan.

Kebaya Jawa memiliki dua pola yaitu tradisional maupun modern, hingga saat ini masih sering digunakan dalam berbagai acara resmi di Indonesia. Contohnya adalah dalam acara pernikahan adat Jawa, pengantin perempuan akan mengenakan kebaya Jawa dengan motif dan warna pilihan yang disesuaikan. Kebaya Jawa ini kerap juga tampil dalam acara-acara formal berupa perayaan hari kemerdekaan, upacara-upacara adat dan acara kebudayaan lainnya. Pemakaian kebaya Jawa tidak hanya terbatas pada kaum wanita saja tetapi kelompok pria juga gemar memakainya dalam bentuk Baju Koko atau Baju Jawa yang dapat dipadukan dengan bawahan berupa kain batik.

Meskipun sekilas pandang antara kebaya Jawa dengan kebaya Modern terlihat sama tetapi sebenarnya ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya wajib untuk diketahui sehingga nantika bisa menggunakannya sesuai dengan jalurnya masing-masing.

1. Dalam hal desain dan model

Kebaya Jawa tradisional dikenal memakai desain-desain klasik dan elegan. Kainnya rata-rata terbuat dari bahan tenun tradisional contohnya adalah batik atau songket dengan memakai motif yang mengandung simbol-simbol budaya Jawa. Kebaya Jawa tradisional biasanya berlengan panjang dan memiliki potongan tubuh agak longgar yang bertujuan agar penggunanya merasa nyaman. Di sisi lain, kebaya Jawa modern memberikan pembaharuan berupa desain-desain yang sifatnya lebih kontemporer. Kebaya ini mempunyai berbagai varian desain mulai dari yang mempunyai lengan pendek hingga yang tanpa lengan seperti model rompi. Beberapa kebaya modern menggunakan bahan seperti lace atau sutra agar memberikan kesan yang lebih mewah dan fashion-forward.

2. Dalam hal penggunaan dan acara pemakaian

Kebaya Jawa tradisional pada umumnya digunakan untuk acara-acara formal atau biasanya dalam upacara adat Jawa contohnya adalah pernikahan, khitanan, atau acara keluarga besar. Rata-rata desainnya elegan dan klasik, kebaya Jawa tradisional seringkali menjadi pilihan tepat untuk suasana yang sifatnya lebih resmi. Sedangkan kebaya Jawa modern cenderung digunakan pada acara-acara semi formal contohnya adalah pesta atau acara resmi di kantor-kantor. Desainnya pada umumnya bervariasi dan lebih gaya membuatnya tampil lebih modis dan lebih cocok digunakan dalam berbagai kesempatan.

3. Dalam hal aksesori

Kebaya Jawa tradisional mempunyai aksesori khas melengkapi tampilan keseluruhan seperti beberapa jenis yang wajib dipakai adalah selendang, sanggul, dan perhiasan emas etnis berupa gelang, anting dan kalung tradisional beserta liontin. Penggunaan aksesori ini diharapkan membantu meningkatkan kesan budaya dan ekanggunan pakaian. Sementara itu, kebaya Jawa Modern sifatnya lebih fleksibel dalam hal aksesori yang digunakan. Beberapa orang lebih suka memakai aksesoris yang minimalis tetapi modern seperti anting kecil atau kalung sederhana, sementara yang lainnya memilih untuk menggunakan aksesori tradisional sebagai penghormatan kepada budaya dan tradisi.

4. Dalam hal perkembangan dan trend

Kebaya Jawa tradisional telah ada sejak zaman kerajaan Jawa dengan desain yang diperbaharui sesuai dengan zaman yang telah berkembang. Kebaya ini mewakili kekayaan warisan budaya dan mempunyai arti simbolis yang dalam bagi masyarakat Jawa. Sedangkan kebaya Jawa modern di sisi lain adalah sebagai hasil adaptasi terhadap tren fashion masa kini. Kebaya-kebaya ini sering diubah-ubah atau dimodifikasi sesuai dengan perkembangan mode terkini supaya tetap relevan dengan dunia fashion modern. Kebaya Jawa modern menjadi pilihan populer bagi para wanita yang ingin tampil modis namun tetap menghormati kebaya tradisional.

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel