Faktor Ilmiah yang Menjadi Penyebab Kucing Mampu Ingat Jalan Pulang ke Rumah Setelah Bermain Jauh

4 Jul 2024 15:20 203 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Faktor Ilmiah Yang Menjadi Penyebab Kucing Mampu Ingat Jalan Pulang Ke Rumah Setelah Bermain Jauh

Hewan lucu dan berwajah imut-imut bernama kucing adalah salah satu jenis hewan yang umumnya dipelihara di rumah sebagai hewan peliharaan dimana hewan ini mempunyai satu keunikan yaitu tetap mampu kembali ke rumahnya meskipun mereka telah melakukan bepergian jarak jauh. Kucing ini adalah hewan peliharaan yang selama ini dikenal sebagai salah satu hewan kategori hewan peliharaan yang terbanyak disukai orang di seluruh dunia suka memelihara mereka seperti dikandang atau memelihara kucing tanpa dikandang sehingga dari sini mendorong kucing peliharaan kamu suka bermain-main jauh hingga lupa waktu untuk pulang ke rumah. Meskipun kelihatan mengkhawatirkan, kamu jangan terlalu risau memikirkannya karena kucing peliharaan sebenarnya mempunyai kemampuan di otak dan daya cium hidung yang tajam seperti anjing untuk dapat menemukan kembali jalan menuju ke rumah dengan sangat mudah dan mereka jarang tersesat.

Terkait dengan isu di atas, ada beberapa anggapan yang menjelaskan bahwa kucing peliharaan adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang mempunyai kemampuan bawaan untuk dapat menemukan kembali beberapa jalan menuju ke rumah meskipun hari telah malam atau sekalipun kucing dalam kondisi sakit atau terluka, mereka tetap mampu mengingat jalan termudah untuk kembali ke rumahnya.

Jika kamu bandingkan dengan kucing-kucing peliharaan, kucing-kucing liar sepertinya lebih paham untuk menemukan jalan keluar menuju ke sarangnya contohnya adalah kucing-kucing liar di pasar-pasar tradisional. Ini disebabkan karena kucing-kucing liar ini suka memanfaatkan medan geomagnetik bumi yang bekerja berdasarkan pemanfaatan indra penciuman yang tajam untuk digunakan membantu mereka mengingat jalan-jalan kembali ke sarangnya ibarat media penuntun supaya lebih mudah menemukan sarang sebagai rumahnya.

Beberapa penelitian ilmiah menjelaskan bahwa secara umum kucing-kucing liar memiliki indra petunjuk arah yang sangat profesional. Dimana ditemukan semacam daya medan magnet bumi di area otak dan hidung yang menyebabkan kucing-kucing ini mampu mengingat kembali beberapa jalan untuk kembali ke sarangnya atau rumahnya. Meskipun ini belum seratus persen terbukti tetapi diyakini bahwa kucing memiliki potensi menggunakan medan tersebut untuk membimbing dirinya menuju ke rumahnya.

Ada beberapa spesies tampil menyelaraskan diri terfokus pada arah utara selatan memberi petunjuk bahwa mereka sedang berada di bawah pengaruh daya tarik magnet bumi. Teori lain adalah beberapa hewan mempunyai zat besi melingkar di bagian telinga dalam berfungsi sebagai kompas untuk membimbing diri sendiri menemukan tujuan yang akan dicari. Kucing juga diyakini mengenali dengan tajam landmark di lingkungannya yang bermanfaat untuk menentukan arah. Kucing-kucing ini akan mengikuti rute yang sama untuk dapat keluar masuk dari sarang atau lingkungannya. Mereka dengan teliti akan mempelajari rute-rute ini karena tanda-tanda tertentu yang ada dalam perjalanan yang dilaluinya sudah diingat dengan baik. Kemungkinan lain adalah adanya feromon yang berfungsi memegang peranan besar dalam membimbing kucing dan kucing-kucing ini akan menyimpan feromon dalam objek tertentu yang mereka lalui dalam perjalanannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel