Dengan Love Yourself Indonesia, Diharapkan Semangat Optimis Generasi Muda Indonesia untuk Menjadi Sehat Mental Dan Berdaya Sosial

4 Mar 2024 11:44 514 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Dengan Love Yourself Indonesia, Diharapkan Semangat Optimis Generasi Muda Indonesia Untuk Menjadi Sehat Mental Dan Berdaya Sosial

Menjalanai keseharian kehidupan di masa sekarang ini pastilah selalu ada masalah yang memicu munculnya rasa gelisah. Pun tidak mudah untuk mengusahakan dan mempunyai mental yang stabil dan sehat namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Juga adanya faktor tuntutan berupa tekanan sosial yang berasal dari lingkungan sekitar sehingga sangatlah penting untuk memiliki kesadaran yang sifatnya positif dalam membangun serta menjaga kesehatan mental.

Munculnya kondisi mental yang kurang stabil dimulai dari rasa gelisah seperti yang pernah dialami oleh generasi muda tahun 2018 silam mendorong Ibu Siti Fatimah untuk tergerak mendirikan salah satu komunitas yang berhubungan dengan bidang kesehatan mental. Ketika itu di Bandung ia kesulitan untuk menemukan tempat guna berbagi mengenai permasalahan yang ia lihat sehingga ia pun berinisiatif untuk membangun dan merintis organisani nirlaba bernama Love Yourself Indonesia. Tujuan organisasi ini adalah sejenis komunitas untuk mengedukasi beberapa orang guna bangkit dan mempunyai rasa sadar tentang pentingnya memiliki kesehatan mental. Langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Turut serta mewujudkan generasi muda Indonesia yang hidup berkualitas dengan memiliki kesehatan mental yang bagus

Ibu Siti Fatimah yang akrab dipanggil dengan nama pendek Sifat ini ketika dihubungi via surel Senin (22/01/2024) memaparkan bahwa saat itu (2018) ia memiliki mental issue yaitu berhubungan dengan obsessive compulsive disorder/OCD tetapi ia tidak memiliki wadah yang formal. Ia memerlukan sebuah tempat sebagai wadah yang di dalamnya bisa untuk menguraikan rasa gelisah/kegelisahan untuk selanjutnya memberikan bantuan bagaimana cara mengatasi masalah yang ada hubungannya dengan kesehatan mental yang dilihat melanda beberapa generasi muda khususnya wilayah Bandung. Di Indonesia secara mum masih ditemukan stigma negatif mengenai kesehatan mental. Hal-hal yang ada kaitannya dengan mental cukup sering dibilang karena kurang iman, tidak percaya Tuhan atau malas beribadah dan lain sebagainya dari sisi religius. Padahal ini kondisinya berbeda. Ketika pada akhirnya ia menemukan tempat formal yang sesuai dengan cita-citanya, ia dengan cepat mengambil keputusan untuk membentuk wadah tersebut meskipun tidak berbekal latar belakang pendidikan formal berhubungan secara langsung dengan masalah kesehatan mental. Ia hanya mengandalkan sifat dan sikap untuk berusaha dengan belajar dari nol dalam memahami beragam aspek mengenai kesehatan mental. Dari sini selanjutnya ia berharap kondisi yang ia rasakan juga remaja Indonesia yang bernasib sama untuk dapat kembali normal dan mampu keluar dari rasa gelisah berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan mental. 

Dengan mengusung konsep disertai visi dan misi komunitas untuk membangun para genersai muda Indonesia yang memiliki kehidupan berkualitas dengan mental sehat optimal, Love Yourself Indonesia kemudian berkembang menjadi sebuah yayasan sosial yang tugasnya adalag melayani dan memberikan fasilitas berupa konseling yang terjangkau ke semua kelas dalam masyarakat di Indonesia. Menuju ke masa depan, ada banyak harapan yang hendak direncanakan dan diwujudkan seperti memfokus kepada kelas bawah menengah untuk lebih terbantu dalam hal menjaga kondisi mental tetap sehat. Karena kadang-kadang masih ada beberapa orang yang malas untuk bangkit dan mencari bantuan kepada para profesional karena terbentur biaya untuk konseling yang mahal. Untuk itulah Love Yourself Indonesia hadir memberikan layanan dan fasilitas kesehatan mental dengan harga yang terjangkau.

2. Memberikan bantuan kepada banyak orang supaya bermental sehat dan bisa berdaya sosial dengan maksimal dalam masyarakat

Adapun komunitas Love Yourself Indonesia memiliki tujuan utama yaitu merangkul para generasi muda khususnya kelompok usia 17 sampai dengan 40 tahun agar bisa memperoleh kondisi mental yang sehat secara lebih bagus. Karena jika sudah sehat mental maka libih mudah bagi orang-orang untuk menemukan titik kepuasan dan kebahagiaan dan ini bagi Sifat adalah menjadi target utama dalam yayasan yang dikelolanya yaitu agar bisa memberikan bantuan kepada orang-orang untuk menjadi sehat mental. Ketika mereka mampu merasakan kebahagiaan lalu mengucapkan terima kasih, ini merupakan salah satu kebahagiaan terbesar yang ia peroleh dalam rangka mengelola dan membangun komunitas Love Yourself Indonesia di masa depan. Adapun wanita yang saat ini sedang menjalanai studi Doktoral dengan mengambil tema riset komunikasi kesehatan mental ini menyimpan harapan agar kelak dapat memberikan bantuan kepada beberapa orang untuk sadar mengarahkan hidupnya lebih sehat secara mental. Karena orang yang memiliki mental yang sehat maka dia secara otomatis mampu berdaya sosial yaitu memiliki kemampuan untuk bisa membantu beberapa orang di luar sana selain fokus untuk membantu diri sendiri.

3. Kesehatan mental bisa dibangun dengan dimulai dari kegiatan sehari-hari

Love Yourself Indonesia mempunyai fokus untuk dapat menekan stigma negatif di masyarakat suatu lingkungan yang berhubungan dengan kondisi mental yang sehat lalu mendorong para generasi muda untuk bisa mencintai dirinya sendiri seutuhnya sehingga mereka bisa berdaya sosial secara mandiri. Love Yourself Indonesia membantu menyiapkan layanan dan fasilitas berupa support group dan konseling dengan harga yang relatif murah.

Dengan setumpuk kegiatan pengelolaan komunitas Love Yourself Indonesia, Sifat berupaya untuk mampu merintis rutinitas yang sifatnya produktif dan menyehatkan. Seperti halnya orang-orang yang sukses tak pernah absen berbicara dengan Tuhan masing-masing. Minimal sehari sejam digunakan untuk berhubungan dengan Tuhan. Ini sangat penting dilakukan guna membentuk sikap disiplin rutinitas dan salah satu yang didunakan sebagai contoh oleh Sifat adalah menyusun daftar aktivitas hariannya supaya mampu melakukan rutinitas secara produktif. Produktif dalam hal ini tidak hanya berurusan dengan semangat selalu bekerja keras melainkan juga mempunyai waktu luang yang mencukupi untuk bersosialisasi, tidur atau istirahat. Sifat dalam menjalani kehidupan keseharian membuat alarm tidur dan alarm bangun. Untuk alarm tidur bisa berfungsi sebagai media pengingat bahwa di jam-jam tersebut ia harus tidur fan alarm bangun untuk memberitahu kapan ia harus bangun guna memulai aktivitas yang sudah menunggu. Juga melakukan ibadah di tengah kesibukan apa pun menjadi salah satu poin penting yang ia tekankan dalam kaitannya dengan membangun kehidupan yang seimbang.

Jika Anda merasa tertarik untuk memahami lebih dekat berhubungan dengan menjaga kesehatan mental diri sendiri dan lingkungan atau ingin menemukan layanan konseling dengan harga yang terjangkau maka silahkan mengunjungi web Love Yourself Indonesia di loveyourselfindonesia.com.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel