Trik Spesial Harus Dipraktekkan untuk Membuat Tanaman Aglonema Tumbuh Subur

12 Dec 2023 12:25 597 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Trik Spesial Harus Dipraktekkan Untuk Membuat Tanaman Aglonema Tumbuh Subur

 

Aglonema terkenal banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias tanpa bunga yang diburu karena keindahan daunnya merupakan tanaman hias yang populer di kalangan pecinta tanaman hias di Indonesia saat ini. Aglonema tidak hanya dikenal karena corak dan warnanya yang bervariatif meliputi hijau, putih, pink, merah, kuning dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk mendapatkan aglonema yang rimbun, berikut adalah beberapa tips tanaman yang bisa diterapkan di rumah dengan mudah namun menghasilkan fakta tanaman hias yang cantik.

Dilansir dari akun YouTube @Fahri Orchid, Senin (13/11/2023), berikut tips menumbuhkan tanaman aglonema agar berdaun rimbun, warna dan corak yang tajam dan variatif serta cepat beranak.

1/ Menyadap induk utama

Aglonema yang rimbun biasanya bermula dari tanaman yang awalnya single plan. Untuk merangsang pertumbuhan anak-anak, potonglah bagian atas tanaman dan tanam kembali. Proses ini bisa dilakukan dengan menaruhnya di air atau langsung ditanam di media yang bersih.

2/ Pemotongan batang utama

Untuk mempercepat pertumbuhan anak-anak aglonema, potonglah batang utama tanaman, dimana tanaman ini akan merespon dengan memproduksi anak-anak baru. Pastikan potongan batang utama ditanam kembali dengan baik.

3/ Pemilihan media tanam yang tepat

Gunakan media tanam yang steril dan tidak bersifat asam. Media sekam fermentasi merupakan pilihan yang baik dan jangan menggunakan sekam bakar karena cenderung membuat tanah di sekitar cepat asam.

4/ Pemupukan yang tepat

Pupuklah aglonema secara teratur dengan pupuk kandang yang sudah difermentasi atau pupuk slow release. Ini akan memberikan nutrisi yang cukup untuk tanaman yang memiliki banyak daun seperti aglonema yang rimbun.

5/ Penempatan yang tepat untuk cahaya

Pastikan aglonema menerima cahaya dari atas atau tengah agar daun-daunnya dapat tumbuh dengan baik. Jika cahaya datang dari samping, rajin-rajinlah memutar pot untuk memastikan pertumbuhan yang merata.

6/ Pencegahan dan penanganan kutu daun

Rutin periksa tanaman untuk mengetahui ada kutu daun, terutama di bagian bawah daun yang rimbun. Jika terserang, bersihkan secara manual atau gunakan insektisida khusus untuk kutu daun. Kutu daun dapat merusak keutuhan daun sehingga harus dibasmi.

7/ Instan dengan grouping

Jika menginginkan hasil instan, belilah beberapa pot aglonema dan gabungkan menjadi satu grup dalam satu pot, namun perlu diingat bahwa untuk kontes, hanya tanaman yang semula single yang menjadi rumpun yang diakui.

Menumbuhkan aglonema yang cantik memang membutuhkan kesabaran, namun dengan perawatan yang optimal dan penguasaan beberapa teknik tertentu maka anda dapat menikmati keindahan tanaman hias ini dalam waktu singkat.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel