Amankah Buah Nanas bagi Penderita Diabetes?

7 Feb 2024 10:04 314 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Amankah Buah Nanas Bagi Penderita Diabetes

Diketahui bahwa buah secara alami memiliki gula dan karbohidrat di dalamnya yang bisa mempengaruhi gula darah di dalam tubuh. Dan nanas dapat mempengaruhi gula darah lebih dari beberapa buah lainnya dimana hal ini kemudian muncul anggapan bahwa penderita diabetes jangan mengkonsumsi buah nanas. Buah tropis ini adalah sumber vitamin C dan mangan yang baik. Mereka kaya akan vitamin, mineral dan serat. Lantas benarkah penderita diabetes harus menghindar konsumsi buah nanas ?

Buah mengandung karbohidrat sehingga dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Namun juga sebagai sumber nutrisi yang sangat baik, termasuk serat makanan, vitamin dan mineral. American Diabetes Association (ADA) mengatakan bahwa penderita diabetes bisa mendapatkan manfaat dengan memasukkan buah ke dalam pola makan mereka. Kebanyakan buah memiliki skor indeks glikemik (IG) yang rendah, artinya adalah mereka memiliki pengaruh yang lebih kecil terhadap kadar gula dibandingkan makanan lain. Ini karena buah mengandung fruktosa dan serat, yang membantu tubuh mencerna karbohidrat lebih lambat, sehingga kadar gula darah menjadi lebih stabil seiring dengan waktu.

Namun dilansir dari laman Medical News Today, nanas memiliki skor IG sedang, yang berarti ia memiliki efek lebih besar terhadap glukosa darah dibandingkan buah lainnya. Secara umum kategori indeks glikemik dikatakan rendah jika memiliki skor di bawah 55 sedang jika skor antara 56 dan 69 disebut tinggi jika memiliki skor 70 atau lebih. Buah nanas diketahui memiliki skor 66 sehingga buah ini masuk dalam kategori IG sedang dimana salah satu faktor yang mempengaruhi IG nanas adalah tingkat kematangan. Buah nanas yang matang di pohon cenderung memiliki skor indeks glikemik yang lebih tinggi.

Jika anda menderita diabetes, anda boleh-boleh saja mengkonsumsi bua apapun termasuk nanas dan memasukkannya dalam rencana diet sehat anda. Namun yang perlu anda pertimbangkan adalah bagaimana makanan yang dikonsumsi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pola makan dan gaya hidup anda. Penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan segar termasuk buah-buahan. Karena buah mengandung karbohidrat termasuk gula alami, anda perlu memperhitngkan porsinya dalam rencana makan dan olahraga anda.

Dikutip dari laman Healthline, banyak penderita diabetes menghitung asupan karbohidratnya setiap hari karena karbohidart bertanggungjawab untuk meningkatkan kadar gula darah. Untuk menjaga kadar glukosa dalam kisaran yang sehat, anda perlu mengkonsumsi karbohidrat secara teratur sepanjang hari. Saat menghitung karbohidrat, rata-rata orang menargetkan 45-60 gram karbohidrat per makanan dan 15-20 gram karbohidrat per camilan, bergantung pada target kalori hari bersangkutan. Namun jumlahnya juga akan bervariasi tergantung pada faktor individu, seperti obat-obatan dan tingkat olahraga.

Nanas adalah sumber vitamin C dan mangan yang optimal. Ia juga banyak mengandung serat, vitamin A, vitamin B serta senyawa yang disebut bromelian yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Faktor inilah yang menjadikan nanas sebagai tambahan yang sehat untuk diet ramah diabetes, tentunya dengan porsi yang tepat. Dilansir dari laman Verywell Health, nanas adalah makanan bebas lemak yang kaya serat dan vitamin. Serat sangat penting bagi penderita diabetes karena dapat membantu menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol dan mengatur fungsi usus. Satu porsi nanas segar dalam satu cangkir mengandung 2,2 gram serat dan hanya 78 kalori. Namun penting diingat bahwa nanas juga mengandung peringkat IG yang cukup tinggi jika dibandingkan buah lainnya. Makanlah nanas sevukupnya saja dan padukan dengan protein atau lemak sehat seperti dari kacang-kacangan, biji-bijian dan alpukat untuk membatasi efek terhadap kadar gula darah. Seperti makanan lainnya, IG nanas bisa berbeda-beda tergantung apa yang dimakan oleh seseorang.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel