Cara Bersihkan File Tak Terpakai Di iPhone Anda Agar Awet

12 Sep 2023 07:06 696 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara Bersihkan File Tak Terpakai Di iPhone Anda Agar Awet

Bagi anda yang sudah lama memakai iPhone atau iPad maka kemungkinan besar terdapat aplikasi, kontak atau file lain yang sudah tidak lagi terpakai di perangkatnya. Tanpa disadari, beberapa file dan aplikasi tersebut kadang-kadang diunduh secara acak. Bisa jadi, karena tampilan atau iklannya yang menarik. Tetapi apakah anda menyadari bahwa setelahnya beberapa pengguna iPhone atau iPad mungkin lupa dan tidak menggunakan aplikasi tersebut dalam kurun waktu yang lama. Nah tentu file-file atau aplikasi tersebut bisa memenuhi memori iPhone atau iPad yang dipakai pengguna. Bahkan dalam beberapa kondisi, bisa memperlambat performanya maka akibatnya tak jarang pengguna mengeluhkan kecepatan perangkat mereka kian menurun seiring dengan pemakaian yang dilakukan setiap hari.

Keluhan yang mengganggu kenyamanan ini memang merupakan hal umum yang kerap terjadi pada kebanyakan pengguna iPhone besutan Apple. Akan tetapi tahukah anda kalau masalah ini juga bisa mempersingkat masa pakai perangkat ? HP akan mudah mengalami kerusakan terutama yang ada hubungannya dengan masalah kecepatan pengiriman data menjadi lelet. Sehingga untuk kebutuhan seperti di kantor yang tergantung pada kecepatan akses data dalam penggunaan HP bisa menjadi terganggu bahkan menyebabkan salah satu aplikasi menjadi sulit untuk diakses.

Saat ini para pengguna tidak perlu merasa kuatir berlebihan jika menghadapi kondisi seperti tersebut di atas. Karena melalui artikel ini kami akan menjelaskan secara singkat tentang beberapa cara untuk membersihkan berbagai sampah digital di iPhone atau iPad anda. Sehingga perangkat yang menjalankan iOS tersebut tidak memiliki kinerja yang prima. Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, simak tips berikut ini dirangkum dari Engadget Senin (20/03/2023).

1/ Lakukan periksa dan sortir daftar kontak

Apabila pengguna sudah lama memiliki iPhone atau iPad, maka besar kemungkinan daftar kontaknya akan dipenuhi oleh nomer-nomer yang sudah tidak aktif atau tidak pernah saling berkomunikasi lagi. Untuk dapat menyortirnya, iPhone dapat memberi pengguna tentang informasi melalui cara mengeidentifikasi kontak ganda, sehingga kontak yang sama bisa dihapus. Juga para pengguna perlu memastikan kontak-kontak yang dimiliki adalah nomer terbaru yang masih aktif agar tidak menghabiskan banyak memori.

2/ Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi pengguna tentang imbauan untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai. Namun pengguna bisa jadi tidak tahu jika iOS mempunyai alat khusus yang bisa membantu proses ini. Nah untuk bisa mengaksesnya maka para pengguna perlu membuka stings di iPhone maupun iPad kemudian pilih menu general lalu klik iPhone storage atau iPad storage. Tunggu beberapa saat, representasi visual akan muncul untuk menampilkan banyaknya penyimpanan yang sudah digunakan pada berbagai aplikasi, termasuk keterangan kapan terakhir kali pengguna menggunakannya. Dalam beberapa aplikasi, iOS akan memberikan opsi untuk bisa menghapus aplikasi atau memindahkannya. Untuk opsi kedua, iOS akan menghapus aplikasi dari perangkat tetapi membiarkan data tetap tersimpan. Apabila pengguna terlalu serinf memanfaatkan fasilitas apple music dan messages, maka pengguna bisa pula mengatur riwayat kegiatan pada aplikasi tersebut. Apple music menyertakan daftar setiap unduhan di iPhone atau iPad yang diurutkan berdasarkan artis dan album. Sedangkan fasilitas messages memungkinkan pengguna melihat rincian lampiran yang telah diterima pengguna mulai dari foto, video, hingga GIF. Dari sini iOS bisa menyarankan pengguna untuk meninjau file yang berukuran besar dan menghapusnya jika sudah tak terpakai.

Semoga bermanfaat.

 

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel