Khasiat Buah Nangka untuk Tubuh Sehat

27 Mar 2023 14:05 596 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Khasiat Buah Nangka Untuk Tubuh Sehat

Apakah anda adalah penyuka buah nangka yang rasanya manis dan segar ? Buah nangka adalah salah satu jenis buah yang sejak zaman dahulu banyak memiliki penggemar dari semua kalangan usia. Karena buah ini mempunyai cita rasa yang sangat nikmat dan juga menyimpan beragam manfaat kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber berita menjelaskan beberapa manfaat dari buah nangka bagi kesehatan tubuh.

1/ Memperbaiki sistem pencernaan

Seperti diketahui bahwa buah dan sayur merupakan jenis bahan makanan yang memegang peranan besar dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tak terkecuali buah nangka yang mempunyai banyak manfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan karena kandungan serat yang dimilikinya. Diketahui bahwa buah nangka mengandung zat prebiotik dimana para ahli memiliki keyakinan bahwa nutrisi pada buah ini mampu membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

2/ Mempercepat proses pemulihan luka

Diketahui bahwa buah nangka merupakan sumber alami vitamin C, yang memegang peranan penting sebagai antioksidan. Antioksidan yang terkandung dalam daging buah ini banyak mengandung khasiat yang rata-rata adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi yang rutin menyantapnya. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh maka buah ini sangat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

3/ Memelihara kesehatan mata

Kandungan nutrisi dalam daging buah nangka seperti beta karoten, vitamin A, lutein dan zeaxanthin menyebabkan warna daging buah ini ketika matang di pohon berwarna cantik yaitu kuning segar. Berbagai macam zat tersebut memegang peran penting dalam menjaga kesehatan mata agar tetap bekerja secara maksimal.

4/ Mengurangi risiko terkena kardiovaskular

Buah nangka mengandung kalium dalam jumlah yang besar dimana diketahui bahwa kalium ini bermanfaat bagi tubuh yaitu mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. American Heart Association menjelaskan bahwa dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5/ Mampu melawan kanker

Berkat adanya kandungan antioksidan dan fitonutrien dalam daging buah ini menyebabkan buah nangka mempunyai khasiat untuk melawan kanker. Nutrisi pada buah ini bermanfaat dalam membantu tubuh melawan efek radikal bebas. Kandungan flavonoid, saponin dan tanin dalam buah ini mempunyai sifat sebagai anti kanker.

6/ Membantu mengontrol diabetes

Manfaat yang terakhir dari buah nangka adalah terletak pada biji buah nangka yang diolah dengan cara direbus atau digoreng lalu dimakan dengan cocolan saos sambal. Biji buah nangka ini bagus untuk mengatur kadar gula darah, mengkonsumsi biji buah nangka secara rutin setiap hari akan memiliki dampak yang cukup baik terhadap kesehatan tubuh karena memiliki indeks glikemik rendah.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel