5 Rekomendasi STB Bermerek yang Aman, Bagus dan Murah

5 Dec 2022 15:15 1875 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Hati-hati, jangan beli STB sembarangan!

Set Top Box atau yang disingkat dengan sebutan STB adalah sebuah perangkat elektronik yang fungsinya untuk mengubah sinyal digital ke dalam wujud visual dan suara di layar televisi. Walaupun lebih dikenal dengan sebutan STB, nama teknis dari alat penangkap sinyal digital ini adalah decoder.

Sesuai dengan putusan pemerintah, siaran TV analog kini sudah hilang dan digantikan siaran TV digital. Namun untuk menikmati siaran digital tersebut, TV analog lama tidaklah cukup. Masyarakat juga diwajibkan memiliki sebuah perangkat pendukung yakni dekoder atau STB untuk mengonversi sinyal digital yang diterima antenna ke tampilan visual dan suara di TV lama.

Berbicara soal STB, beberapa hari ini banyak berita tentang STB yang meledak. Beberapa mungkin ada yang benar-benar terjadi dan beberapa hanyalah hoax belaka. Kita sebagai masyarakat tentu harus siap-siap melakukan tindak pencegahan preventif seperti salah satunya membeli STB yang memang berkualitas dari merek ternama. Sehingga kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dapat diminimalisir.

Berdasarkan hasil riset penulis, ada 5 STB yang memenuhi kriteria penulis dari sisi keamanan, kualitas, fitur dan harga. Seperti build quality yang solid, ventilasi panas yang baik, mendukung resolusi hingga 1080 pixel, dan harga di bawah 400 ribu rupiah. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasannya di bawah ini.

 

1. STB Polytron PDV700T2

Jika berbicara soal merek, Polytron mungkin adalah salah satu merek dari perangkat elektronik yang paling terpercaya di Indonesia. Selain karena pengalamannya di dunia elektronik selama puluhan tahun, produk keluaran Polytron seringkali memiliki harga yang ramah di kantong dengan tetap memiliki kualitas yang di luar ekspektasi.

Salah satu produk Polytron berupa STB yang memiliki dimensi atau ukuran kecil. Polytron PDV-700T2 PDV700T2 adalah sebuah STB dengan receiver DVB-T2 yang sangat cocok untuk menangkap siaran-siaran digital di Indonesia.

Satu kekurangannya mungkin karena tidak adanya Android diharga yang ditawarkan yaitu sekitar 280 ribuan di saat artikel ini dibuat.

Untuk membelinya Anda bisa langsung klik link di bawah ini.

Beli STB Polytron PDV-700T2 PDV700T2

 

2. Advan Digipro Full HD

STB kedua berasal dari merek yang juga tidak asing ditelinga Anda. Advan biasa dikenal juga sebagai produsen smartphone tanah air yang ramah kantong. Produk-produk smartphonenya biasanya menyasar pasar kelas menengah ke bawah. Kualitas dari smartphone Advan sendiri tidak perlu diragukan lagi, karena sudah banyak yang punya dan membuktikannya.

Advan kali ini juga ikut terjun di pasar STB yang cukup menjanjikan dengan produk STB nya Bernama Advan Digipro. Ada beberapa jenis Advan Digipro yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah Advan Digipro yang penulis bahas saat ini dimana punya segudang fitur dengan harga hanya 200 ribuan saja.

Soal kualitas, STB advan ini tentunya tidak perlu diragukan lagi karena STB ini pastinya sudah melewati proses QC dengan SOP yang ketat seperti halnya pada produk smartphone dan elektronik lain Advan.

Untuk membeli STB Advan Digipro Full HD anda dapat klik link di bawah ini.

Beli STB Advan Digipro Full HD

 

3. STB Evercoss Max

Jika Anda mengenal Advan, besar kemungkinan juga Anda mengenal merek Evercoss. Itu karena kedua merek ini adalah competitor lokal yang sejak zaman handphone konvensional ada sudah bersaing ketat satu sama lain.

Tidak hanya di pasar alat telekomunikasi, Evercoss juga mengadu nyali di pasar STB atau dekoder dengan mengeluarkan beberapa jenis STB dimana salah satunya adalah STB yang penulis rekomendasikan Bernama Evercoss Max.

Receiver atau dekoder siaran digital dari Evercoss ini memiliki fitur yang lumayan lengkap dengan garansinya selama 1 tahun seperti kebanyakan STB lokal bermerek lainnya.

Untuk membeli STB Evercoss Max, Anda bisa langsung klik link di bawah ini

Beli STB Evercoss Max

 

4. STB Zyrex

Adalah salah satu merek lokal produsen elektronik yang cukup terkenal khususnya di segmen laptop atau mobile computer.

Tidak hanya laptop, Zyrex juga ikut meramaikan pasar STB dengan merilis produk STB miliknya sendiri di harga 300 ribuan Bernama Zyrex Zbox-1. Produk dengan garansi 1 tahun ini terbilang memiliki fitur uniknya tersendiri diantara STB yang ada di pasaran. Yaitu sebuah fitur Bernama “early warning system” yang dapat memberikan alarm ketika ada kejadian alam disekitar Anda.

Untuk spesifikasi dasarnya, Zyrex Zbox-1 ini memiliki fitur resolusi 1080p, 1080i, 720p, 576p, 576i, Aspec Ratio 4:3, 16:9, Port HDMI, USB 2.0, RCA Audio/Video, Multi Bahasa OSD, Early Warning System (EWS), Electronic Program Guide (EPG), Logical Channel, Number (LCN), IR Remote Control, Mendukung Format Penyimpanan NTFS, FAT32, FAT16, Mendukung Multimedia, Foto : JPEG, BMP, PNG, Audio : WMA, MP3, ACC, Video, MPEG1, MPEG2 (mp2), MPEG4 (mp4), H264, MOV, MKV, AVI, DIV.

Untuk membeli STB Zyrex Zbox-1 ini, silakan klik link di bawah ini

Beli STB Zyrex

 

5. Sharp Set Top Box STB-DD001i

Merek terakhir dan yang mungkin termahal diantara kelima STB yang penulis rekomendasikan adalah Sharp Set Top Box STB-DD001i. Siapa yang tidak tahu Sharp? Merek asal negeri matahari terbit ini adalah merek yang terkenal tidak hanya di Indonesia dan negara asalnya saja, melainkan sampai ke berbagai belahan bumi.

Salah satu produk STB dari Sharp adalah Sharp Set Top Box STB-DD001i. Dengan harga 350 ribuan, STB ini mungkin adalah STB yang paling penulis rekomendasikan. Dari segi kualitas, produk dari sharp jelas sudah melewati proses QC ketat bertaraf Internasional. Sehingga kemungkinan factory fault atau cacat pabriknya sangatlah kecil; bahkan lebih kecil dibandingkan merek-merek lainnya.

Seperti kebanyakan STB yang beredar resmi sekarang ini, Sharp Set Top Box STB-DD001i ini memiliki garansi 1 tahun resmi oleh Sharp Indonesia.

Sedangkan untuk fiturnya sendiri, Sharp Set Top Box STB-DD001i ini memiliki fitur standar yang dimiliki banyak STB lainnya serta fitur Early Warning System seperti STB Zyrex sebelumnya.

Bagi yang berminat membeli Sharp Set Top Box STB-DD001i ini, silakan klik linknya di bawah ini

Beli Sharp Set Top Box STB-DD001i

 

Itulah 5 rekomendasi STB yang aman, murah dan berkualitas yang dapat penulis rekomendasikan. Sebetulnya ada merek-merek lain yang juga sudah mengantongi sertifikat kominfo. Namun dikarenakan mereknya tidak penulis kenal dan mungkin para pembaca juga asing dengan mereknya, maka penulis putuskan 5 merek di atas inilah yang penulis cantumkan di artikel kali ini. Jangan sampai hiburan Anda terganggu karena perangkat yang tidak memadai. -FM-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel