Televisi, STB, dan Antenna Siaran Digital

4 Dec 2022 23:23 490 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda butuh perangkat-perangkat ini untuk dapat menikmati siaran digital.

Beberapa hari ini, masyarakat dibuat kocar-kacir dikarenakan pemerintah memberhentikan siaran TV analog. Mereka yang asalnya dapat menikmati siaran favoritnya, kini hanya pasrah terdiam atau mencari solusi untuk dapat menonton kanal-kanal yang biasa ditontonnya.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, akhir dari siaran analog bukan berarti para penikmat tayangan televisi tidak bisa menonton televisi lagi. Melainkan adanya peralihan dari siaran analog ke siaran digital.

Dengan kata lain, masyarakat masih dapat menonton siaran favoritnya, hanya saja ada beberapa Langkah yang harus dilakukan sebelumnya yaitu dengan memiliki perangkat yang mendukung siaran digital tersebut.

 

  1. Televisi

Perangkat yang pertama tentunya adalah televisi yang mendukung siaran digital atau biasa dikenal dengan TV berjenis DVB-T2. Televisi yang sudah mendukung siaran digital memang tidak murah. Sehingga, bagi mereka yang ingin membeli televisi dengan dukungan siaran digital harus memutuskan juga bahwa mereka ingin memperbarui perangkat elektronik yang dimiliki di rumah.

Kisaran televisi yang mendukung siaran tv digital ini berkisar antara 1 jutaan sampai 5 jutaan, tergantung merek, ukuran layer dan juga fitur yang dimiliki.

 

  1. Set Top Box (STB)

STB atau yang dikenal dengan sebutan Set Top Box adalah sebuah perangkat yang dapat menyalurkan dan mengkonversi sinyal digital yang ditangkap oleh antenna ke televisi Anda yang belum mendukung penayangan siaran digital.

Contohnya saja Anda memiliki TV tabung lama, tapi Anda tidak memiliki cukup dana untuk memperbarui televisi Anda ke generasi terbaru yang sudah mendukung siaran digital. Maka Anda cukup membeli Set Top Box ini untuk membuat TV tabung jadul Anda menjadi TV yang dapat menayangkan siaran digital.

STB di Indonesia saat ini hampir semuanya sudah mendukung siaran digital yang ada. Jadi Ketika Anda ingin membeli STB, yang perlu Anda pastikan adalah merek dari STB tersebut, harga, serta fitur yang dimiliki.

Jika Anda hanya ingin menikmati siaran digital saja, Anda tidak perlu membeli STB yang memiliki dukungan Android juga. Karena disini Anda hanya ingin menayangkan siaran digital saja. Dengan bergitu Anda akan berhemat cukup banyak.

 

  1. Antenna

Jika Anda berpikir bahwa dengan STB saja Anda dapat menikmati siaran digital di televisi, maka Anda salah besar. Karena selain STB, Antenna yang mampu menangkap siaran digital juga wajib Anda miliki. Maka jangan heran, setelah Anda beli STB, tapi siaran digitalnya tetap tidak muncul. Ini mungkin akibat Antenna Anda yang hanya dapat menangkap siaran Analog saja atau tidak bisa menangkap siaran digital.

Solusinya, mau tidak mau Anda juga harus beli antenna yang mendukung siaran digital dengan harga yang tidak terpaut jauh dengan harga STB.

 

Sekian informasi mengenai bagaimana cara menikmati siaran digital setelah siaran analog dihapus pemerintah. Sesuaikan kebutuhan dengan dana yang dimiliki. Jangan memaksakan untuk membeli televisi baru hanya karena ingin menikmati siaran digital. Coba pikirkan Kembali apakah sudah saatnya beli televisi baru hanya untuk menikmati siaran digital? Atau cukup dengan beli perangkat tambahan yang harganya seperempat atau bahkan hanya setengahnya saja dibandingkan Anda beli tv baru.

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 65
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel