Manfaat Nyata Bunga Saffron Untuk Wajah, Kulit Glowing Alami

15 Dec 2022 12:15 601 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Nyata Bunga Saffron Untuk Wajah, Kulit Glowing Alami

Apakah anda mengenal yang namanya bunga saffron ? Saffron adalah salah satu jenis rempah beraroma khas yang berfungsi untuk meningkatkan cita rasa makanan. Penelitian menjelaskan bahwa bunga saffron adalah termasuk ke dalam salah satu rempah termahal di dunia yang harganya di Indonesia bisa mencapai angka Rp. 500 ribu per gramnya. Dalam 0,78 gram saffron mengandung 0,08 protein, 0,6 mg vitamin C, 0,01 mg zinc dan 12 mg kalium. Inilah yang menunjukkan bahwa saffron mempunyai segudang manfaat untuk menjaga kesehatan terutama yang ada hubungannya dengan kecantikan kulit.

Untuk dapat mengumpulkan hasil yang maksimal maka pastikan anda membeli saffron dengan kualitas terbaik yaitu memiliki warna merah tua dan bagian ujung berwarna oranye. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga saffron untuk menjaga kecantikan wajah antara lain sebagai berikut :

1/ Mengatasi masalah jerawat

Manfaat pertama yang diberikan adalah bunga saffron memiliki khasiat ampuh mengatasi masalah jerawat karena di dalamnya mengandung sifat anti bakteri dan antioksidan yang ampuh melawan bakteri penyebab munculnya jerawat. Juga ampuh untuk mencegah breakout yang lebih parah. Caranya adalah rendam campuran 10 helai saffron dengan 5 sampai dengan 6 daun basil segar dalam air bersih. Kemudian blender hingga menjadi krim lalu oleskan pada bagian kulit yang berjerawat. Gunakan secara teratur pagi dan sore hingga kondisi benar-benar sembuh.

2/ Mencerahkan wajah

Selain menghilangkan jerawat, bunga saffron juga membantu mencerahkan wajah yang kusam agar tampil lebih bercahaya dan alami. Senyawa crocin yang kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C dalam bunga ini berfungsi membantu mencerahkan dan mengembalikan rona alami pada kulit wajah. Gunakan campuran bunga saffron dan susu yang belum dipasteurisasi  lalu tambahkan perasan jeruk lemon. Diamkan selama 1 jam hingga semua bahan benar-benar menyatu di dalam ruang tidur kemudian oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan mengering selama 15 menit.

3/ Melembabkan kulit

Seperti diketahui bahwa kulit kering dapat membuat tekstur kulit menjadi lebih kasar bahkan bisa mengelupas. Kondisi ini jika dibiarkan akan memicu munculnya masalah lain seperti kulit kusam dan berjerawat. Cara mengatasinya sangatlah mudah yaitu larutkan tiga helai saffron dalam air mineral. Lalu tempatkan pada botol spray kemudian semprotkan pada wajah yang terluka saat dibutuhkan. Ini bermanfaat untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah secara alami.

4/ Mempercepat penyembuhan luka

Saffron dipercaya ampuh untuk meningkatkan regenerasi dan produksi sel, sehingga bekerja secara efektif untuk dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Kondisi ini didukung oleh beberapa studi yang menjelaskan bahwa saffron ampuh merangsang proses penyembuhan luka dan bisa untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit yang dibutuhkan untuk menutup luka.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel